oleh

Nikmati Keunikan Kuliner Khas Nusantara, Lemeng Mambakar Selera

Jakarta, Aktual News– Ragam kuliner Indonesia yang kaya akan berbagai aneka selera mengundang perhatian para wisatawan, keunikan khas kuliner Nusantara menjadi aset bangsa yang perlu dilestarikan.

Kali ini saya ingin mencicipi makanan khas Nusantara, yang unik dan menarik baik cara mengolahnya maupun penyajiannya.

Namanyapun beragam, Sego lemeng atau pun apa namanya yang pasti keragaman ini menjadikan khasanah di Nusantara.

Lemeng merupakan kuliner yang yang terbuat dari nasi yang dimasukan kedalam bambu lalu dibakar.

Cara pembuatannya sangat mudah dan bahan-bahannya ada di sekitar kita dianataranya bambu yang dipotong untuk wadah memasukan nasi yang sudah diberi dengan lauk didalamnya, tergantung selera mau diisi dengan apa nasi lemeng tersebut, cara memasukannya seperti membuat lontong.

Setelah itu dimasak dadalam bambu dengan cara memasukan bambu kedalam bara, cara memasak ini sama dengan sistem Shuterstock atau metode slow cook.

Proses pembakaran ini tidak membahayakan dan metode pemabakaran dalam bambu merupakan pengawet alami, karena nasi lemeng bisa bertahan selama 3 hari setelah dibuat sama halnya dengan mengawetkan daging asap.

Cara penyajianpun terbilang unik, setelah dibelah bilah bambu tadi lemeng siap disajikan dan disantap langsung dari bilah bambu.

Kuliner ini sangat cocok untuk bekal ataupun bisa dibawa untuk teman pencinta alam saat naik gunung, nah mau coba kuliner yang satu ini , anda bisa datang ke tempat-tempat jajanan khas daerah yang ada di seputar anda.[ Red/Akt-01]

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed