oleh

Hadiri Yasin Akbar di Bilahulu, Plt Bupati Labuhanbatu serahkan BAZNAS.

Labuhanbatu, Aktual NewsPelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T. didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan beserta rombongan, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Istri, menghadiri acara Wirid Yasin Akbar Se-Kecamatan Bilah Hulu sekaligus Penyerahan Bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp.102.500.000,- kepada 394 Orang Mustahik (Penerima Zakat) dalam Kecamatan Bilah Hulu dan yang merupakan wujud nyata dari program kerja BAZNAS Kabupaten Labuhanbatu (25/3/2019) .

Jumlah bantuan dana yang disalurkan BAZNAS Kabupaten Labuhanbatu dalam Kecamatan Bilah Hulu, hari ini sebesar
Rp.102.500.000,-, dengan rincian :
1. Disalurkan kepada 302 Org Keluarga Miskin
Rp.75.500.000,- (Rp.250.000,-/Orang).
2. Disalurkan Kepada 66 Orang Fakir
Rp.19.800.000,- (Rp. 300.000,-/Orang).
3. Disalurkan kepada 6 Orang Bilal Mayit
Rp. 1.200.000,- (Rp. 200.000,-/Orang).
4. Kepada 20 Orang Siswa Miskin Tingkat
Sekolah Madrasah Aliyah (MA) sebesar
Rp.6.000.000,- (Rp.300.000,-/Orang).

Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T., M.T., kembali memberikan apresiasi yang tinggi kepada Baznas Kabupaten Labuhanbatu, karena sejak dilantik pada Tanggal 06 Nopember 2018 yang lalu,, sudah 2 (dua) Kecamatan dari 9 (Sembilan) Kecamatan dalam Kabupaten Labuhanbatu, menerima manfaat zakat yang dikelola Baznas Kabupaten Labuhanbatu.

Penyaluran Zakat Baznas Kabupaten
Labuhanbatu pertama sekali dilaksanakan di Kecamatan Pangkatan, pada Tanggal 01 Maret 2019, dengan jumlah penyaluran dana Baznas sebesar Rp.103.400.000,-, disalurkan kepada :
1. 60 Orang Fakir (Rp.300.000,-/Orang).
2. 280 Keluarga Miskin (Rp.250.000,-/Orang).
3. 12 Orang Siswa Miskin Tingkat SD
(Rp.200.000,-/Orang).
4. 5 Orang Siswa Tingkat SMP
(Rp.250.000,-/Orang)
5. 5 Orang Tingkat SMA (Rp.300.000,-/Orang).
6. 5 Orang Bilal Mayit (Rp. 200.000,-/Orang).
7. Renovasi rumah tidak layak huni kepada Sdr.
Muis Ritonga Dusun Alur Naga Desa Sennah
Sebesar Rp. 10.000.000,-,
8. Bantuan Kesehatan kepada Sdr. Irwanto
Rp. 1.000.000,-,

Dari data kinerja Baznas Labuhanbatu tersebut, sudah 126 Orang Fakir, 582 Orang Keluarga Miskin, 42 Orang Siswa Miskin, dan 11 Orang Bilal Mayit, menerima manfaat dari Zakat yang dikelola Baznas Labuhanbatu. Kemudian sudah 3 (Tiga) Kepala Keluarga menikmati bedah rumah tidak layak huni dari Zakat Baznas Labuhanbatu dan 1 (satu) orang menerima bantuan perobatan kesehatan.

Plt.Bupati Labuhanbatu, sangat senang dan bangga melihat kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 ini, karena Tahun-Tahun sebelumnya Baznas Kabupaten Labuhanbatu seperti “matisuri”, dan saat ini benar-benar sudah hidup kembali. Tolong, Baznas ini disosialisasikan secara optimal kepada masyarakat Labuhanbatu, agar seluruh ummat muslim Kabupaten Labuhanbatu dapat memamahi dan yakin dengan keberadaan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Labuhanbatu. Saat ini sumber kas terbesar Baznas Labuhanbatu berasal dari Zakat Gaji Pegawai Negeri Sipil atau sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Bapak H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.,M.T., mengimbau dan mengajak seluruh komponen dan pelaku usaha yang beragama Islam di wilayah administratif Kabupaten Labuhanbatu, untuk menyetorkan zakatnya kepada Baznas Kabupaten Labuhanbatu.

Baznas Kabupaten Labuhanbatu yang saat ini dikendalikan oleh 5 (Lima) Orang Pimpinan, yaitu Ketua H.Erwin Siregar, S.H., Wakil Ketua-I, H.Fuad Siregar, S.H.,M.M., Wakil Ketua-II, Ir.H. Marwan Efendi Siregar, M.M. Wakil Ketua-III Drs. H.Abdul Malik dan Wakil Ketua-IV Drs. H.Syarifuddin Nasution M.Si., mereka itu semua adalah orang-orang yang profesional dan pensiunan ASN serta ingin mengabdikan diri mengurus dengan sepenuh hati Baznas Kabupaten Labuhanbatu dan didukung penuh oleh Sekretariat Baznas Labuhanbatu sehingga Visi, Misi dan Nilai Baznas sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-Undang R.I. Nomor 23

Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Keputusan Presiden R.I. Nomor 8 Tahun 2001 tentang Badan Amil Zakat Nasional, dapat secara optimal terlaksana di Kabupaten Labuhanbatu, yang pada akhirnya dapat mendorong dan menopang pengentasan kemiskinan serta Labuhanbatu menuju berdaya dan sejahtera.

Kerjasama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan Baznas Kabupaten Labuhanbatu akan terus ditingkatkan sehingga tanggung jawab bersama untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas di Kabupaten Labuhanbatu dapat terwujud dengan sebaik-baiknya.

Ucapan terimakasih, juga disampaikan Plt.Bupati Labuhanbatu kepada Camat Kecamatan Bilah Hulu, Hamdi Erazona, S.P., M.M., yang telah memfasilitasi kegiatan Yasin Akbar dan Penyaluran Baznas di Kecamatan Bilah Hulu, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu semoga Zakat atas Gaji ASN dapat dikelola dan tersalur dengan sebaik-baiknya.

Terimakasih dan rasa hormat kepada seluruh Lapisan Masyarakat Kecamatan Bilah Hulu, yang berhadir ramai, walaupun dalam suasana terik matahari yang cukup panas tetap tertib dan penuh rasa kekeluargaan serta rasa kebersamaan hadir dalam acara yang sangat mulia ini.

Ketua Baznas Kabupaten Labuhanbatu, H.Erwin Siregar, S.H. secara tegas menyatakan Baznas Kabupaten Labuhanbatu didukung penuh oleh Bupati Labuhanbatu, sehingga semua program dan kegiatan Baznas dapat berjalan dengan baik dan segenap Pimpinan dan pengurus Baznas Kabupaten Labuhanbatu akan tetap amanah dan sungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan fungsi Baznas Kabupaten Labuhanbatu.[ Red/Akt-16 ]

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed