oleh

Sambut Pemilu 2019, Media Harus Netral Bukan Sebagai Pejuang Kepentingan Pribadi

Jakarta, Aktual News Sambut pemilu 2019 yang sebentar lagi akan kita laksanakan bersama sebagai pesta rakyat untuk memilih wakil rakyat sudah mulai terasa ramai gaungnya yang  dimulai dengan kampanye untuk memberikan dan memaparkan visinya kepada publik.

Umbul-umbul maupun baner tampak menghiasi jalan walau ada yang serampangan menempatkan baner di tempat yang tidak semestinya, itulah fenomena pasca menjelang pesta demokrasi.

Mediapun mulai dibanjiri iklan kampanye misi dan visi Partai,Caleg dan Capres yang sangat terasa persaingannya di media elektronik tentu saja media harus netral tidak ada lagi praktik oligopoli untuk kepentingan politik karena hal tersebut akan membentuk opini publik soal kenetralan media yang seharusnya tidak berpihak satu partai politik manapun.

Meski tidak dapat dipungkiri praktik seperti itu kerap kali ada karena sang pemilik media menjadi kandidat salah satu wakil rakyat , seharusnya hal tersebut tidak lagi terjadi, di kutif dari media Online posisi media mengacu pada Dewan Pers, dalam Surat Edaran No 01/SE-DP/1/2018, tentang posisi media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, disebutkan media adalah sebagai pengawas dan juga pemantau dalam perhelatan Pemilu dan bukan sebagai pejuang para kepentingan Pribadi.

Intinya kenetralan media itu harus benar-benar independen dalam menyajikan informasi terhadap perhelatan Pemilu yang sebentar lagi kita laksanakan.

Menghiasi kemeriahan Pesta Demokrasi, sejumlah publik figur dan  tokoh yang telah lama menghilang tampak bermunculan wajahnya di jalan-jalan ataupun disudut tempat yang strategis terlihat pada baner.

Ragam misi dan visi mereka tawarkan, bagi sebagain calon pemilih tampak masih menimbang dan menilai untuk menetapkan pilihannya, biarlah rakyat yang bicara dan memilih sesuai pilihannnya semoga para wakil rakyat nanti yang terpilih akan benar-benar menjalankan amanahnya, sekali lagi ditegaskan peran media sangatlah penting untuk memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat.[ Red/Akt-01 ]

 

UG DANI
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed