oleh

Jaga kearifan lokal Kodim 0212/TS gelar lomba tari daerah

Tabagsel, Aktual NewsDalam menjaga kearifan lokal asli Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Kodim 0212/TS menggelar lomba tarian tingkat pelajar se Tabagsel dari Kabupaten Tapsel, Paluta, Palas, Mandailing Natal dan Kota Padangsidimpuan, Selasa (17/9).

Sebanyak 80 peserta yang bertanding dalam lomba tari Komunikasi Sosial Kreatif tersebut bertujuan guna melestarikan adat dan budaya, Angkola, Mandailing dan Sipirok.

Ketua Panita Lettu Inf Syaiful Abdi dalam laporannya, Selasa, menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah mengembalikan jiwa kedaerahan yang mulai luntur khususnya kepada generasi muda.

“Peserta lomba tersebut merupakan generasi muda pelajar se Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang berlomba.”

Sementara itu Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, mengatakan adat Angkola, Sipirok, dan Mandailing harus kita lestarikan dengan perlombaan tarian kreasi daerah, penting adat kesenian itu sangat kepada generasi muda kedepan.

Melestarikan adat dan budaya kesenian di Tabagsel merupakan wujud nyata dalam mempertahankan jiwa nasionalis, karena sekarang ini banyak negara megklaim budaya indonesia merupakan budaya asli dari negara yang mengakuinya sehingga hal tersebut sangat disayangkan, dengan kegiatan konsom kreatif melalui TNI AD ini masyarakat se Indonesia harus dapat mempertahankan kearifan lokal yang ada sekarang ini, termaksud di Tapanuli Bagian Selatan.

Lomba Komsos Kreatif Kreasi Tari adat tingkat SMA se Tabagsel yang mengangkat tema “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran, Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

“Salah satu tujuan penyelenggaraan Lomba Komsos Kreatif ini adalah memberikan suasana baru yang positif, serta membangun pribadi generasi muda yang tangguh dan bermartabat.”
“Dalam kegiatan Lomba ini terdapat aspek kompetisinya, namun yang paling utama adalah diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi,” imbuhnya. [ Red/Akt-02 ]

 

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed