oleh

Makna Dibalik Lagu 22 Januari Milik Iwan Fals

Jakarta, Aktual News Siapa yang tak kenal dengan Iwan Fals di negri ini. Penyanyi yang bernama lengkap Virgiawan Listanto adalah merupakan penyanyi yang selalu mampu menghadirkan decak kagum, terutama ketika membawakan lagu di atas panggung.

Karya-karyanya sudah melegenda dan mudah di cerna oleh semua umur dan semua kalangan. Masyarakat mengenal Iwan Fals berkat lirik-lirik lagu ciptaannya yang sarat dengan kritik sosial, keras, tajam, bahkan dianggap sebagai perlawanan terhadap rezim Orde Baru di masa itu.

Khusus di bulan Januari, Iwan Fals menciptakan sebuah lagu yang berjudul 22 Januari. Album yang diberi tajuk Sarjana Muda pada tahun 1981 mengusung sepuluh lagu, salah satunya berjudul “Oemar Bakri”. Selain itu, Iwan Fals juga menuliskan lagu berjudul sesuai dengan tanggal dan bulan saat ini, yakni 22 Januari.

Banyak orang yang berspekulasi mengenai makna dari lagu yang berjudul 22 Januari. Dalam liriknya, terdapat kalimat, “aku berteman iblis yang baik hati”, yang sampai sekarang menimbulkan pertanyaan.

Ada juga yang mengatakan bahwa lagu ini merupakan momentum saat Bang Iwan bertemu dengan istrinya pada 22 Januari.

Pada Minggu (16/12/2018), Iwan Fals mengadakan konser di Livespace, kawasan pusat bisnis SCBD, Jakarta Selatan. Dalam konser tersebut Iwan Fals membawakan 20 lagu, salah satunya 22 Januari.

Disela sela konsernya itu Iwan Fals kemudian menceritakan mengenai lagunya yang berjudul 22 januari. Sebelum memulai bernyanyi, Iwan bercerita kepada penonton bahwa lagu ini menceritakan janji setia pernikahannya kepada sang istri, Rosanna (Mbak Yos).

Lirik Lagu 22 Januari

22 Januari kita berjanji
Coba saling mengerti apa di dalam hati
22 Januari tidak sendiri
Aku berteman iblis yang baik hati

Jalan berdampingan
Tak pernah ada tujuan
Membelah malam
Mendung yang selalu datang
Ku dekap erat

Ku pandang senyummu
Dengan sorot mata
Yang keduanya buta
Lalu kubisikan sebaris kata-kata
Putus asa sebentar lagi hujan

Dua buku teori kau pinjamkan aku
Tebal tidak berdebu ku baca selalu
Empat lembar fotomu dalam lemari kayu
Kupandang dan kujaga sampai kita jemu.
[Red/Akt-23]

Rosis Aditya
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed