oleh

Manfaatkan Selokan Air, Budidaya Ikan di Desa Bendungan Untuk Konsumsi Warga Kian Berkembang

Bogor, Aktual NewsBila Anda berkunjung ke Kampung Ciasin, Desa Bendungan, Kabupaten Bogor, Sempatkanlah untuk melihat selokan yang ada di sana. Sebab, kalau biasanya selokan bau dan kotor adalah gambaran pada umumnya, tapi di sini beda.

Anda akan menyaksikan gelombang kecil air tawar dan terdapat ragam ikan yang dibudidayakan di selokan. Ini adalah upaya warga Desa Bendungan untuk menjadikan selokan menjadi tempat yang lebih bermanfaat dan bersih dari sampah .

Seluruh selokan irigasi di Ciasin terutama di RT 02 RW 02 yang mengalir dijadikan tempat untuk budi daya ikan air tawar. Seperti ikan emas dan ikan nila.

Sejak tahun 2017 lalu, budi daya ikan sambil memelihara kebersihan selokan irigasi ini memang sudah dimulai.

Irfah Safitri(ketua ),dan salah satu warga desa Bendungan juga saat ditemui pada 12/06/2020 pukul 02:15 WIB Jum’at Siang, mengungkapkan “Kami hanya mengajak mengubah pemikiran warga dalam kondisi apa pun. Tapi dalam perubahan suatu lingkungan dan Terus untuk juga bisa mandiri”
ungkapnya.

Selokan sepanjang dua kilometer ini diisi dengan banyak jenis ikan air tawar dan diberi sekat setiap tiga meter. Dari budi daya ikan air tawar ini.
Pak RT setempat menambahkan “warga di sini boleh menikmati gratis untuk di konsumsi dengan mengambil ikan sesuai dengan jumlah anggota keluarga ,jika empat jumlah anggota keluarga batas ikan yang harus di tangkap paling banyak lima ikan, dan waktu di sesuaikan” tambahnya.

Selain mengubah selokan irigasi menjadi tempat budi daya ikan air tawar, warga setempat juga melakukan pengelolaan lingkungan lainnya seperti pembuatan bak sampah, serta pengolahan sampah.

Budi daya ikan di selokan ini memberikan arti bahwa warga setempat telah menerapkan ecovillage atau prinsip desa berbudaya lingkungan.
Tidak hanya itu saja, Desa Bendungan juga bisa mendapatkan keuntungan di bidang kuliner dari hasil olahan ikan budi daya tersebut,
Keuntungan lain dari budi daya ikan air tawar di selokan irigasi, yaitu potensi Desa Bendungan ini dapat menjadikan desa wisata yang bisa bernilai karena sudah sampai ke mancanegara

Harapan bisa di ikuti oleh daerah lain dengan ini selain bermanfaat juga kebersihan selokan air terjaga. [ Red/Akt-07 ]

Kuswanto
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed