oleh

KH Said Aqil Siroj – Gelorakan Warga NU Perkuat Ukhwah Islamiyah, Wathaniyah, dan Insaniyah

Jakarta, Aktual NewsKetua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj ajak umat Islam khususnya warga NU untuk untuk membangun dan memperkuat Takhwiyatul Ukhuwah al Islamiyah, Takhwiyatul Ukhuwah Al Wathaniyah, dan Takhwiyatul Ukhuwah al Insaaniyah. Hal ini disampaikannya pada harlah Unisnu ke-29.

“Mudah-mudahan dengan harlah ini, Unisnu semakin bermanfaat bagi bangsa, bagi umat Islam wabilkhusus bagi warga nahdliyyin,” ucapnya pada harlah Unisnu yang disiarkan langsung oleh NU Channel (14/8).

Beliau mengatakan ketiga hal tersebut belum banyak terdengar di timur tengah. Bahkan penandatanganan kesepakatan Imam besar Al-Azhar Syeikh Ahmed At-Tayyeb dengan Paus di Abu dhabi tiga tahun yang lalu, isinya hanya mengarah kepada ukhuwah Insaaniyah.

Wakil Organisasi Keagamaan dunia ini juga menjelaskan cirikhas Islam Nusantara dengan Islam di Timur Tengah.

“Islam Timur Tengah belum sampai kepada puncak, ukhuwah yang sebenarnya ukhuwah insaaniyah, masih berkutat dengan ukhuwah islamiyah itupun implementasinya masih sangat berat. Di kita jargon ini sudah kita ucapkan di setiap kali ada pertemuan, musyawarah, kongres. Selalu kita tidak bosan-bosan mengangkat jargon ini. Ini tipologi cara berpikir warga nahdlatul ulama,” ucapnya.

Lebih lanjut Kiai Said menceritakan tentang KH Hasyim Asy’ari saat khilafah akan bubar. Menurutnya, beliau sudah ma’rifat. Tidak ingin umat Islam di Nusantara menjadi umat yang sekuler, umat yang liar, dan juga umat yang tidak peduli dengan agama.

“Oleh karena itu, Kiai Hasyim Asy’ari segera mengeluarkan jargon yang terkenal, hubbul wathann minal iman dalam rangka mentaufiqan, mengharmoniskan antar hubungan agama dan negara. Antara teologi dan politik kebangsaan. Maka dengan jargon itu, hasyim asyari tergetnyanya adalah bangsa Indonesia itu bangsa yang nasional, religius, religius nasionalis,” ungkapnya menceritakan KH Hasyim Asy’ari.[Red/Akt-28]

 

Ogan_Jpr.
Aktual News

Sumber : Dahwahnu.id/Kiai Said Gelorakan Warga NU Perkuat Ukhwah Islamiyah, Wathaniyah, dan Insaniyah.
Penulis:Jorgy Yusuf

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed