oleh

Mantab, Lokasi ini Menyimpan Potensi Alam Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata

Bogor, Aktual News-Tak banyak orang tahu potensi alam di keramat Gunung Peti tepatnya penghubung dua desa Cigamea dan desa Karacak Bogor Barat.

Terletak di bibir tebing perbatasan desa sebuah aliran sungai Cianten tampak berkelok indah dipenuhi dengan bebetuan eksotik seakan sengaja disusun rapi oleh sang Pecipta yang disediakan untuk mahluknya.

Lokasi ini menyimpan kekayaan alam terutama tempat wisata alam selain memberikan pesona pemandangan yang indah juga menyimpan potensi alam yang perlu dikelola dengan baik.

Pesona pemandangan yang perlu dijaga kelestariannya.

Tim Aktual News menelusuri lokasi wisata alam ini yang belum dikelola oleh pihak pemdes maupun pihak swasta, sangat disayangkan karena lokasi ini sangat berpotensi sebagai destinasi wisata.

Selain fasilitas yang telah disediakan olah alam seperti air terjun juga tebing yang sangat eksotis dan mengsikan untuk para petualang.

Saat tim menjajaki petualangan ini, tampak sudah ada yang menata tebing untuk menelusuri jalan menuju Curug walau dengan matrial yang seadanya yaitu tanjakan yang terbuat dari bambu serta seutas tali untuk pengaman.

Jalan menuju Curug yang dibuat warga.

Pengunjung dari lokal walaupun tidak terlalu banyak yang tahu, karena kebanyakan mereka diantar oleh penduduk sekitar. Setiap minggunya ada saja yang berkunjung namun sayangnya warga maupun pengunjung tidak memperdulikan kebersihan, tampak terlihat sampah sisa-sisa pembungkus mie instan dan sampah lainnya mencemari pemandangan yang seharusnya dijaga.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

Tak banyak yang datang hari ini, Minggu 30/8/2020 hanya beberapa remaja dan dari kelompok berpakian goes terlihat menuruni tebingan.

” Perjalanannya sangat ekstrem dan menantang…wah keren ini mas ” ujar salah satu dari mereka yang tampak sedang mengabadikan gambar.

Nikmati keasrian alam.

Mereka berharap tempat ini menjadi ajang wisata alam, karena saat ini tampak belum ada yang mengelola, dan diharapkan juga warga maupun pengunjung untuk menjaga kebersihan demi ke asrian lokasi ini.

Telusuri Lembah

Tim Aktual News dalam petualangannya setelah lelah berisitirahat di bawah curug lokasi ini terus menelusuri aliran sungai Cianten yang penuh daya tarik.

Kabarnya di lokasi ini juga mengandung misteri yang belum terungkap, terutama pada tempat jatuhnya air terjun yang menurut cerita warga sekitar ada ikan berukuran besar namun bukanlah ikan biasa.

Tidak jauh dari lokasi ini diatas tebing juga ada sebuah makam keramat tanpa sengaja tim Aktual News membuka google map terdapat sebuah makam tua yang bernama ” Keramat Gunung Peti” tim sempat melewati namun tidak mengabadikannya dikuatirkan tidak diperbolehkan dan menganggu tata krama daerah setempat, tim sangat berhati-hati untuk mengambil gambar.

Dari lembah tebing tepatnya di sisi aliran sungai tersebut kami juga menemukan beberapa lubang mirip goa kecil-kecil yang ternyata goa tersebut adalah bekas lubang penambang emas ilegal, lubang itu dibiarkan tak bertuan karena kabarnya para penambang tersebut sudah ditutup karena dikuatirkan akan merusak kelestarian alam.

Banyak menyimpan potensi alam.

Dan petualangan kami yang menarik di lokasi tersebut ditemukan sebuah kobakan kecil yang terdapat air yang jernih dan bebetuan kecil, selintas kobakan tersebut hanyalah sebuah balong air yang tak berati apa-apa, namun ada ke ajaiban saat kita mencelupkan wajah kedalam air tersebut akan nampak kepingan uang logam mungkin karena pembiasan cahaya didalam air atau memang sebuah fenomena dari dunia yang tidak kasad mata.

Namun dari semua hasil penelusuran kami, lokasi tersebut banyak sekali menyimpan potensi alam yang patut kita jaga baik dari segi pemandangan maupun kepercayaan budaya sebagai kearifan lokal. [ Red/Akt-01 ]

 

UG DANI
Aktual News

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed