oleh

Membaca Sebagai Inspirasi Mengarifi Perubahan

Jakarta, Aktual NewsMembaca merupakan bagian dari kehidupan, apalagi saat ini kebutuhan informasi sangat berkembang pesat terlebih di era digital ini beragam konten berisi tulisan dan pengetahuan yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Membaca adalah lumbung ilmu yang harus dilakukan dengan teliti baik dari eja’an dan pemahaman agar kita tidak gagal faham dalam menelan informasi yang kita dapat.

Dalam membaca juga diperlukan kedisiplinan, tidak terburu-buru dan harus dilakukan secara utuh tidak melompati atau hanya membaca garis besarnya saja, karena banyak manfaat dari kedisiplinan tersebut selain melatih kedisiplinan diri dalam menerapkan kebijakan dalam kehidupan sehari-hari juga masih banyak manfaatnya.

Berbicara soal membaca, tentu ada banyak kita melakukan pilihan dan medianya pun beragam pilihan, misalnya, surat kabar, majalah, maupun media online yang saat ini sudah jamannya.

Bagi sebagian orang membaca sudah menjadi sangat penting, apalagi para bidang yang berkaitan, Jurnalis, Guru, mahasiswa atau pelajar membaca adalah keharusan sebagai referensi untuk menyelesaikan tugasnya.

Manfaat membaca adalah selain menambah pengetahuan juga dapat melahirkan ide untuk dituangkan kembali dalam bentuk tulisan, dan untuk menghasilkan gagasan perlu melatih kedisiplinan dalam membaca sebuah tulisan seperti yang saya katakan di atas.

Soal selera membaca tentu tergantung pilihan anda, bagi saya membaca versi cetak seperti koran ataupun majalah adalah sangat inspiratif, meskipun saat ini dunia internet sudah sangat berkembang. Namun membaca majalah maupun koran mempunyai inspirasi tersendiri, sayangnya banyak industri surat kabar atau majalah beralih ke digital, sebagian ada yang bertahan dengan konsep digital dan versi cetak namun ada yang beralih total ke media online.

Masih ingat kapan anda terakhir membaca sebuah majalah ataupun surat kabar ? Saya masih ingat saat beberapa majalah kecil favorit saya terbitan Gramedia Intisari yang selalu menemani saya kala senggang.

Kalau saat ini mungkin membaca majalah sudah jarang terlihat dikala senggang, sebagai gantinya handphone menjadi teman semua orang untuk mengakses informasi.

Baik kala pagi, siang maupun malam alat ini menjadi teman keseharian anda. Perkembangan jaman yang kian terus melakukan inovasi perubahan sosial, dan tentunya juga prilaku seseorang dalam mengarifi perubahan ini haruslah lebih bijak tidak melupakan norma-norma pergaulan.

Jangan sampai kita melupakan hal tersebut yang kian lama menjadi kebiasaan buruk terhadap lingkungan dan kehidupan sosial, tetaplah perhatian saat berbicara dengan sahabat untuk menyimpan handphone anda saat berinteraksi, memang tidak dapat dipungkiri arus digitalisasi ini menjadikan perubahan sikap terhadap perilaku masyarakat.

Jadikan membaca dan perubahan era digital ini menjadikan anda lebih arif dan bijaksana dalam penggunaannya. [ Red/Akt-01 ]

 

UG DANI
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed