oleh

Hujan Abu, BPBD Klaten Siapkan 25 ribu Masker Antisipasi Abu Merapi

Klaten, Aktual News-Laporan kejadian hujan abu vulkanik terus dilaporkan oleh warga masyarakat sekitar kemalang,klaten.siang ini,satu desa,yakni Balerante,juga mengalami hujan abu.meski tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas warga,bpbd klaten menyiapkan 25 ribu masker sewaktu waktu huian abu terjadi.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Klaten,Bambang Giyanta,jumat malam,pihaknya mengirimkan 2600 masker ke Desa Tegalmulyo,Kemalang,yang semalam melaporkan terjadi hujan abu.Total ada 25 ribu masker disiapkan oleh BPBD Klaten.

Lebih lanjut,Bambang menjelaskan pihaknya menggutus kabid kedarutatan dan logistik untuk ke desa desa lereng Merapi,memantau perkembangan.Dan siang ini,Pukul 11.50 wib,hujan abu tipis terjadi di lereng merapi.sangat tipis dan tidak berdampak pada aktivitas warga.

Sementara itu,Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah,Sarwa Pramana juga ikut memantau perkembangan merapi langsung ke klaten.Sarwa Pramana langsung berkoordinasi dengan jajaran Kalak BPBD Klaten,sekretaris dan pejabat lainnya.

Sarwa berharap masyarakat tetap tenang karena aktivitas merapi masih level waspada.Hujan abu juga tidak berdampak pada aktivitas warga.pihaknya berharap,masyarakat melanjutkan aktivitas ronda sekaligus memantau perkembangan gunung merapi.

Guguran lava terpantau di Gunung #Merapi tanggal 04/01/2019 pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur ± 1.2 km, arah ke hulu Kali Gendol. Tingkat aktivitas #Merapi Waspada (Level 2).(BPPTKG)

*Status Merapi Waspada*

REKOMENDASI :
1.Kegiatan pendakian G. Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.
2. Radius 3 km dari puncak G.Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk.
3. Masyarakat yang tinggal di KRB lll mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas G.Merapi.
4. Jika terjadi perubahan aktivitas G.Merapi yang signifikan maka status aktivitas G. Merapi akan segera ditinjau kembali.
5. Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenahi erupsi G.Merapi yang tidak jelad sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan G.Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, melalui website www.merapi.bgl.esdm
go.id, media sodial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan cendana no. 15 Yogyakarta, telepon (0274)514180-514192
6. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi G.Merapi saat ini.sumber BPPTKG.

Pusdalops/pusdatin
BPBD Kabupaten Klaten.
Jl. Andalas no 3.Klaten.

*Telepon: 0272 328564
*Wa;081578075543
*Freq VHF : 169.900 Duplek , -5050 input 164.850 tone 123.0
*Twitter :@bpbdkabklaten
*e-mail : pusdalopskabklaten@gmail.com [ Red/Akt-01]

 

Aktual News

foto tribun kaltim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed