oleh

Tim Wasev-PJO TMMD 104 Dari Mabes TNI Kunjungi Pulau Buru Maluku

Maluku,Aktual News-Dalam rangka pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan penyelenggaraan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-104 yang berlokasi di Kabupaten Buru Selatan Maluku, maka pada hari Selasa (26/3) yang baru lalu, Tim Pengawas & Evaluasi Penanggung Jawab Operasonal (Wasev-PJO) TMMD ke-104 yang dipimpin oleh Kolonel Czi Ir Lalu Rudi dari Pusterad TNI AD melakukan kunjungan ke Namrole, Buru Selatan. Saat tibanya di Namrole ibukota Kabupaten Buru Selatan, Kolonel Czi Lalu Rudi Dkk diterima oleh Dandim 1506/Namlea Letkol Infantri Syarifudin Azis selaku Komandan TMMD ke-104.

Seperti dilaporkan C-R Sarbin Kaidupa dari Namlea Kabupaten Buru Maluku kepada media ini melalui Reporter Maluku Munir Akhmad yang sementara berada di Jakarta, kunjungan Kolonel Czi Lalu Rudi ke Pulau Buru adalah dalam rangka penyelenggaraan kegiatan yang bertajuk “Pengarahan Tim Pengawasan & Evaluasi Penanggung Jawab Operasional TMMD ke-104 tahun anggaran 2019” yang dialokasikan di Kabupaten Buru Selatan bagian dari wilayah teritorial Kodim 1506/ Namlea di Pulau Buru.

Dikabarkan, penyelenggaraan acara monumental ini diawali dengan paparan tentang pelaksanaan kegiatan dari Komandan Kodim 1506/Namlea Syarifudin Azis selaku Komandan Satuan Tugas (Sat-Gas) TMMD ke-104. Dalam paparannya itu, Letkol Syarifudin antara lain melaporkan pencapaian 3 (tiga) item sasaran fisik serta 9 (Sembilan) item sasaran non fisik.

Seusai pemaparan Dandim 1506/Namlea selaku Dan Sat-Gas TMMD ke-104, acara selanjutnya disusul kemudian dengan arahan dari Kol Czi selaku Ketua Tim Wasef-PJO TMMD ke-104 tahun 2019. Mengawali arahannya Lalu Rudi lebih dahulu mengucapkan terima dan penghargaannya kepada segenap komponen warga masyarakat Kabupaten Buru Selatan yang telah memberikan dukungan serta partisipasi aktif guna mensukseskan penyelenggaraan program TMMD ke-104 tahun 2019 yang oleh Pimpinan TNI dialokasikan di Kabupaten Buru Selatan. Selanjutnya dikatakan TMMD adalah program TNI yang dahulu dikenal dengan istilah ABRI Masuk Desa (AMD), sampai saat ini sudah berusia 38 tahun sejak dimulai pada tahun 1981. Tujuan program ini menurut Kolonel Lalu Rudi adalah bentuk partisipasi TNI terutama sebagai upaya membantu pemerintah bersama pemerintah daerah dalam rangka memacu percepatan pembangunan.

Selain Dandim 1506/Namlea Letkol Syarufidin, maka dalam acara ini Kolonel Lalu Rudi didampingi antara lain oleh Letkol Arh Untung Widagdo dari Sterdam XVI Pattimura, Mayor Arh Yaya dari Pusterad TNI AD, Mayor Inf Yoyok Wahyudi Kasi Ter Korem 1501 Binaya, Dan Ramil 1506-02 Leksula, Perwira Staf Kodim 1506/Namlea serta sejumlah undangan yang secara keseluruhan kurang lebih berjumlah 50-an orang.

Diantara para undangan, turut hadir pula dalam acara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Selatan, Drs Abdul Muthalib Laitupa mewakili Bupati Tagop Soulissa. Bupati Soulissa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Laitupa antara lain menyatakan apresiasi dan penghargaannya terhadap program TMMD ke-104 tahun 2019 ini yang oleh Pemerintah cq Mabes TNI dialokasikan pada 3 (tiga) Desa di Kabupaten Buru Selatan. Apresiasi dan penghargaannya itu menurut Soulissa terutama karena secara konkrit dinilai memberikan hasil positif yang langsung bisa menyentuh kepentingan hajat hidup masyarakat setempat. Hasil positif itu menurut Soulissa misalnya pembangunan infrastruktur yang dinilai akan berpengaruh menggairahkan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Beberapa prasarana infrastruktur yang disebutkan Soulissa dalam sambutannya itu antara lain Jembatan dan Lapangan Volly. Dia juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat Buru Selatan yang telah memberikan dukungan partisipasinya demi mensukseskan program TMMD ke-104.

Untuk mengetahui lebih jelas serta memastikan sejauh mana hasil-hasil yang telah dicapai selama penyelenggaraan kegiatan TMMD ke-104 di Buru Selatan, maka setelah berakhirnya acara ini, Kolonel Lalu Rudi bersama Tim ramai-ramai melanjutkan perjalanannya dengan mendatangi langsung lokasi kegiatan pada ke-3 Desa bermula di Desa Labuang.[ Red/Akt-13 ]

 

Munir Achmad
Aktual News

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed