oleh

Relawan Jok-MA Siap Memenangkan Pas-Lon 01 Di Maluku Utara

Beberapa Pengurus Relawan Jok-MA Maluku Utara

 

Maluku, Aktual News,Segenap jajaran Tim Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin (Jok-MA) yang dibentuk oleh Pengurus Besar NU di Jakarta untuk Wilayah Maluku Utara di Sofifidikabarkan sudah pasang kuda-kuda jauh-jauh hari sebelum ini, dan sepenuhnya siap memenangkan pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut 1 Ir H Joko Widodo/Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin dalam pemungutan suara pilpres 2019 yang sedianya akan digelar pada hari Rabu (17/4) nanti. Kesiapan ini bukan saja pada Tim Relawan tingkat Provinsi di Sofifi, melainkan merata pada ke-9 Kabupaten/Kota di daerah itu, mulai Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Pulau Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Selatan sampai Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula di Sanana. Tim Relawan ini menargetkan perolehan suara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pilpres setidak-tidaknya bisa mencapai 70 %.

Keterangan tentang kesiapan pemenangan pas-lon nomor urut 1 di Maluku Utara diperoleh media ini dari Koordinator Tim Relawan Jok-MA Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Soleman Lessy SP, di Kantor PB NU Jln Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, sore kemarin hari Sabtu (12/4). Dia mengaku baru saja kembali beberapa hari lalu dari Ternate untuk melakukan evaluasi langsung dengan melihat dari dekat untuk memastikan sejauh mana kesiapan jajarannya di sana dalam rangka memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada hari pencoblosan nanti. Kecuali Kota Ternate dan Tidore Kepulauan maka ada beberapa daerah yang secara geografis letaknya jauh diakuinya tidak sempat didatangi antara lain Halmahera Barat dan Halmahera Selatan sampai Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula, namun berdasarkan hasil evaluasi serta laporan-laporan Tim dari daerah-daerah itu, Soleman optimis paslon 01 akan unggul dalam perolehan suara.

Ditanyakan kira-kira berapa besar target perolehan suara bagi paslon nomor 1 Jokowi-Ma’ruf Amin pada saat pencoblosan nanti, Soleman dengan nada lantang mengaku optimis pihaknya bakal mampu mendulang suara minimal 70 % di Maluku Utara. Dia mengaku ada 2 (dua) persoalan besar yang menghambat pergerakan Timnya, yaitu kondisi geografis antar-wilayah dan berita-berita hoax yang sekarang ini begitu mudah diakses khalayak. Tetapi berkat partisipasi aktif segenap jajaran Tim Relawan Maluku Utara di bawah kepemimpinan DR Burhan Abdul Rahmanmantan Walikota Ternate selaku Ketua Tim, ternyata dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya beberapa hari lalu itu semuanya bisa diatasi maka oleh karena itu sama sekali tidak kelihatan ada sesuatu pengaruh yang signifikan. Menyaksikan hasil kerja keras lewat partisipasi aktif jajaran timnya ini, Soleman tidak lupa menitipkan apresiasi dan penghargaannya atas peran aktif DR Burhan Dkk karena dinilai berhasil mengatasi hambatan-hambatan terutama hambatan geografis dan penyebaran berita hoax yang ternyata menyebar cukup marak terutama melalui media-media sosial.

Media ini telah berusaha mendapatkan konfirmasi dari Mantan Walikota Ternate, DR Burhan Abdul Rahman selaku Ketua Tim yang mengatur Rumah Relawan Nasional di Maluku Utara, namun tidak berhasil dihubungi sampai berita ini dikirim ke meja redaksi. Tetapi salah seorang Pengurus Tim Relawan Jok-MA Maluku Utara, Abdullah Dukomembenarkan keterangan Soleman. “Iya, benar apa yang dikatakan pak Eman (Soleman Lessy, red). Di bawah kepemimpinan pak Burhan (DR Burhan Abdul Rahman, red) selaku Ketua, kami segenap jajaran tim Relawan yang sehari-harinya bergabung dalam Rumah Kerja Bhineka Nusantara Jok-MA Maluku Utara ternyata semua mampu bergerak secara simultan baik tim provinsi mau pun tim kabupaten/kota dengan berusaha mengatasi segala macam faktor-faktor penghambat. Kita memang memasang target sedapat mungkin perolehan suara untuk pak Jokowi-Kiai Ma’ruf pada saat hari pemungutan suara nanti insya Allah bisa meraih minimal 70 %”, demikian kata Abdullah.

Dia mengaku, awal pergerakan Timnya tidak sedikit tantangan yang dihadapi terlebih-lebih karena jauh sebelum itu sudah beredar bermacam-macam berita hoax yang disebarkan orang melalui akun-akun media-media sosial terutama media sosial facebook. Sementara media sosial facebook, menurut Abdullah, justru memiliki paling banyak pengguna, boleh dikata meliputi bagian terbesar dari para penikmat media sosial di Maluku Utara dan kebanyakan dari mereka adalah pengguna aktif. Akan tetapi melalui kearifan DR Burhan selaku Ketua Tim memanfaatkan bangunan-bangunan sosio-kultural berupa hubungan silaturrahim dan kekeluargaan dengan membangunan komunikasi dan pendekatan-pendekatan dialogis yang intens melalui formula kunjungan-kunjungan silaturrahim dari rumah ke rumah atau “door to door”, dan juga pertemuan pada kesempatan-kesempatan lain pada akhirnya kondisi dilemmatis itu bisa dicairkan, malah berhasil merubah persepsi sebagian besar warga masyarakat calon pemilih di Maluku Utara.

Mengakhiri keterangannya, Abdullah sempat mengaku ketika melayani pembicaraan telepon pada saat itu pihaknya sementara kemas-kemas melakukan persiapan untuk berangkat ke Jakarta dalam rangka mengikuti acara Kampanye Akbar calon presiden Joko Widodo yang sedianya akan digelar nanti di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada hari Sabtu (13/4). Menurut keterangannya, secara total ada 70 (tujuh puluh) orang yang akan diberangkatkan dari Ternate untuk mengikuti perhelatan akbar ini, didalamnya meliputi segenap Pengurus Tim Relawan Jok-MA yang tergabung dalam Rumah Kerja Bhineka Nusantara Jok-MA Maluku Utara di Ternate.[ Red/Akt-13]

 

Munir Achmad
Aktual News

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed