oleh

Penjelasan Ketua Umum PPWI Terkait Kemiripan Situs Online Aktual News Yang Beredar Di Kominfo

Jakarta, Aktual News-Beredarnya pemberitaan Hoak yang disampaikan Kominfo terkait kemiripan nama situs Online Aktual News dengan alamat  http://acktuall.blogspot.com dan Surat Terbuka Untuk Publik Situs Media Online Aktual News.Co.id  ketua umum PPWI Wilson Lalengke dalam keterangan tertulisnya menyampaikan terkait pemberitaan tersebut, Rabu 29/5/2019 bahwa blog yang dimakud kominfo tidak ada kaitannya dengan Media Yang di Kelola UG DANI dengan situs https://aktualnews.co.id.

Menanggapi hal diatas berikut penjelasannya untuk disampaikan kepada publik ;

1. Dalam dunia pemberitaan berbasis teknologi cyber saat ini, kemiripan nama media, tampilan, dan bahkan isi media yang satu dengan lainnya tidak dapat dihindari.

2. Bahkan, tidak sedikit media yang diberi nama dan logo yang mirip dengan nama serta logo lembaga-lembaga tertentu, baik lembaga swasta maupun pemerintah.

3. Hal-hal di atas sering menyebabkan salah tuding dan salah paham terhadap media dan/atau lembaga yang memiliki kemiripan-kemiripan dimaksud. Ibarat memiliki teman yang mempunyai saudara kembaran, sering kita salah menduga kembarannya sebagai sahabat kita.

4. Oleh karena itu, setiap kita dituntut untuk memiliki kejelian dan ketelitian yang tinggi dalam melihat atau membaca suatu pemberitaan di media massa. Hal itu penting agar tidak terjadi salah tuduh, salah paham, bahkan salah tangkap.

5. Khusus kasus kemiripan nama media aktual news yang beralamat situs aktuall.blogspot.com yang memberitakan informasi “bluffing” tentang pernyataan Menkopolhukam Wiranto soal gerakan 22 Mei 2019, saya menegaskan bahwa media yang menggunakan hosting blogspot gratis tidak ada kaitannya sama sekali dengan media aktual news yang yang dikelola oleh anggota PPWI, UG DANI, dengan situs resmi aktualnews.co.id. [ Red/Akt-01 ]

 

Demikian, makasih.

Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA KETUA UMUM Persatuan Pewarta Warga Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed