oleh

Tokoh Pemuda : Perlu Ada Dukungan Semua Pihak Bagi Terwujudnya Pemekaran Provinsi Tabi

Tokoh pemuda Otniel Deda.

 

Jayapura, Aktual News – Tokoh Pemuda Tanah Tabi Otniet Deda,SIP menegaskan perlu adanya dukungan semua pihak dan pemangku kepentingan di tanah Tabi bagi terwujudnya cita -cita masyarakat yang ada di 4 Kabupaten 1 Kota guna mempercepat proses pemekaran Provinsi Tabi yang mulai gencar di kampanyekan.
Penegasan ini di sampaikan Otniel Deda kepada wartawan ,Rabu(12/9/2019).

Menurutnya pemekaran sebuah wilayah baik kabupaten maupun provinsi prosesnya cukup panjang, bahkan menyita waktu, energi , serta biaya .sehingga itu perlu adanya sinergitas semua pihak baik eleman masyarakat, pemerintah ,adat , agama, perempuan, pemuda, akademisi.”kami mendukung proses ini, tapi dengan catatan harus ada dukungan semua pihak , sehingga proses pemekaran dapat berjalan dengan lancar” tegas Otniel Deda.

Lanjut Deda politisi Hanura dan juga legislator di DPRD Kota Jayapura tersebut, wacana pemekaran Provinsi Tabi merupakan dasar dari kebutuhan masyarakat pribumi, terhadap perkembangan, ekonomi, politik, dan sosial budaya .

Namun menurutnya hal ini perlu adanya kajian akademik secara menyeluruh, sehingga pemetaan wilayah provinsi Tabi yang di inginkan dapat di paparkan kepada smua pihak yang berkompenten. baik Gubernur , DPRDP Papua, MRP dan Mendagri ” harus ada kajian akademik supaya pemetaan wilayah dan visi misi provinsi itu terwujud ” tuturnya.

Wacana pemekaran propinsi tabi , di dukung beberpa faktor yakni Luas Wilayah , yang terdiri atas 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya, yakni Kota Jayapura,Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya.dimana kesatuan masyarakat adatnya memiliki kontur budaya ,adat istiadat yang sama. [ Red/Akt-19 ]

 

Nees Makuba
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed