oleh

Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah : Setitik Api pun Kita Cegah dan Padamkan

Binanga, Aktual News Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Kodim 0212/Tapsel Koptu M. Sanip dan Kopda Komaruddin Siregar bersama warga masyarakat melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Sibatu Loting Kecamatan Kabupaten Padang Lawas, Rabu (19/06/2019).

Seperti sudah menjadi aktifitas keseharian para Babinsa melakukan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di masing-masing wilayah desa binaan, bahkan para Babinsa juga setiap saat memonitor sebaran titik panas melalui aplikasi LAPAN : Fire Hotspot menggunakan Smartphone.

Pada kegiatan ini, Kopda Komaruddin Siregar babinsa Koramil 10/Barumun Tengah, menyampaikan wilayah Kabupaten Padang Lawas termasuk daerah yang memiliki kerawanan kebakaran hutan lahan.

“Wilayah kita ini sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga kita perlu patroli dan memonitor secara terus menerus” ujar Komaruddin.

kejadian kebakaran lahan menurutnya terjadi siang hari menjelang sore, sore menjelang malam, dan hari-hari libur mengingat kebiasaan masyakat yang memanfaatkan hari libur untuk membersihkan ladang atau kebun.

Daerah rawan karhutla terus dipantau guna mencegah kebakaran hutan dan lahan, seperti di Kabupaten Padang Lawas sehingga bila terjadi kebakaran bisa dengan cepat ditanggulangi. “Setitik api pun kita cegah dan padamkan,” ujar Komaruddin.

Upaya pencegahan karhutla menurutnya perlu terus digalakkan. Seperti Kabupaten Padang Lawas bekerjasama dengan aparat terkait serta perlunya partisipasi warga masyarakat sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat semaksimal mungkin kita hindari.

“Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla ini, kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga daerah kita dari kebakaran hutan dan lahan” tutup Babinsa. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed