oleh

Mantan Wartawan , Melenggang mulus ke Parlemen Maybrat

Maybrat, Aktual News – Mantan Jurnalis Asli Papua Yonas Yewen berhasil lolos sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD )Kabupaten Maybrat Periode 2019-2024, dari partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Maybrat. Yonas Yewen yang merupakan putra asli Maybrat Papua Barat ini, sebelumnya adalah penulis Jurnalis di wilayah Papua Barat dan Sorong Raya, dirinya pernah bekerja sebagai wartawan di harian pagi Fajar Papua, Harian Teropong News Sorong, dan Harian Raja Ampat Pos serta Honai Papua.

Sebelumnya calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat Dapil IV (Empat) nomor urut 2 Yonas Yewen dari unggul dengan perolehan Suara 654 suara pada pemilu 17 april lalu.

” Sesuai hasil Pleno KPU Kabupaten Maybrat suara Caleg NasDem Nomor Urut 02 Yonas Yewen, A.Md.Tek memperoleh 654 suara di Dapil Maybrat IV (Yumases Raya)” ungkap ketua Tim Pemenang Simon Petrus Bame, SE., kepada wartawan di caffe teras kayu, Kilo 9, Kota Sorong, Jumat (22/06/2019).
Menurut Simon Petrus Bame sesuai rincian pleno KPU Maybrat yang tertuang dalam sertifikat Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Calon anggota DPRD Kabupaten/kota dari setiap kecamatan di Daerah Pemilihan dalam wilayah kabupaten/kota pemilihan umum tahun 2019 dengan model DB1-DPRD Kabupaten/kota.

” Hasil Pleno KPU Maybrat, Minggu (11/05/2019) lalu di Kantor KPU, hasil Dapil Maybrat IV suara Caleg Nomor Urut 02 Yonas Yewen, memperoleh suara di Distrik Mare 623 suara, Distrik Mare Selatan 7 suara, Distrik Ayamaru Utara 23 suara dan Distrik Ayamaru Utara Timur 1 suara dengan demikian jumlah suara total dapil Maybrat IV 654 suara, ” jelas mantan ketua IPPMM Jayapura itu.

Lebih lanjut Simpet menjelaskan Sesuai Hasil Pleno KPU Kabupaten Maybrat Caleg Partai NasDem, Nomor Urut 01. Dorkas Jitmau, SE., memperoleh 487 Suara, Caleg Nomor Urut 02. Yonas Yewen, A.Md.Tek memperoleh 654 suara, Caleg Nomor Urut 03, Bernadus Semunya, S.IP., memperoleh 67 suara dan suara Partai 3 suara dengan total perolehan suara Partai dan suara Caleg berjumlah 1.211 suara Berada di bawah partai Demokrat.

” Dipastikan Partai Demokrat sebagai Rangking Pertama memperoleh satu kursi, NasDem di posisi kedua satu kursi dan Partai Golkar satu kursi di peringkat ketiga dan sementara kuota kursi di Dapil IV (Yumases Raya) hanya 3 kursi ” ungkap Simon Petrus Bame yang juga alumi Ottow-Geysler Jayapura.

Sebagaimana termuat dalam Model DB1-DPRD Kab/Kota yang di Pleno KPU Maybrat, partai pemenang Pertama di Dapil Maybrat IV adalah Partai Demokrat memperoleh 1.466 suara, disusul Partai NasDem memperoleh 1.211 suara, Partai Golkar memperoleh 1.038 suara, Partai Hanura 931 suara, PDIP 828 suara, Partai Gerindra 518 suara, Garuda 105 suara, PKPI 96 suara, PKS 86 suara, PKB 43 suara, PAN 36 suara, Berkarya 22 suara, Perindo 7 suara, PBB 0 suara, PSI 0 suara dan PBB 0 suara. Jumlah suara sah 6.388, suara tidak sah 62 dan jumlah suara sah dan tidak salah di dapil Maybrat IV adalah 6.450 suara.

” Harapan kami mendukung seluruh proses KPU sudah berjalan baik dan lancar. Kami memberikan apresiasi kepada KPU dan Baswalu Maybrat sebagai pihak penyelenggara satu-satunya di Papua Barat yang bisa melakukan perhitungan Suara Ulang (PSU) di kantor KPU Maybrat merupakan kebijakan sangat baik dan semua pihak menerima hasil dengan senang hati, ” tutup Simon Petrus Bame.

Sementara itu Yonas Yewen sendiri ketika di konfirmasi menyakini apa yang diperolehnya merupakan kepercayaan masyarakat sehingga apa yang telah di laluinya sebagai jurnalis selama ini akan dapat membantu jika di lantik sebagai Anggota legislatif di parleman nantinya. [ Red/Akt-019 ]

Nees Makuba
Aktual News

Foto Calon Legis Latif Dari Nasdem Yonas Yewen,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed