oleh

Obrolan Warung Kopi, Bagaimana Pendapatamu Tentang Makna Kemerdekaan ?

Jakarta, Aktual News-Dalam konteksnya kemerdekaan itu adalah kebebasan, dalam arti harfiah lepas bebas dari belenggu.

Kata kemerdekaan sudah sangat akrab ditelinga kita, apalagi saat moment hari kemerdekaan Republik Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan kata Kemerdekaan.

Merdeka yang kita kenal adalah lepas dari tangan penjajah hingga kita menjadi negara yang berdaulat, membentuk pemerintahan sendiri dengan berlandaskan pada UUD 45 dan Pancasila yang sudah dirumuskan jauh sebelum Indonesia Merdeka oleh para tokoh pergerakan untuk memperjuangkan hak kemerdekaan dari pemerintahan asing.

Namun tahukah anda apa arti sebenarnya dari kata ” Merdeka ”

Banyak arti merdeka selain dari makna lepas dari penjajahan, yang saya fahami merdeka itu berdiri sendiri tanpa terpengaruh oleh tekanan dari apa yang di tekankan.

Soal kebebasan yang kita kenal dengan ” Justice Independent ” perlu pemahaman yang lebih dalam, bebas bukan berati tidak mengikuti aturan bebas yang dimaksud terbelenggu adalah hak pribadi yang kita miliki sejak lahir yang mutlak dimiliki oleh semua manusia seperti bebas berbicara, bersosialisasi dan berpendapat.

Namun apakah saat ini kita sudah merdeka mengutarakan apa yang dimaksud tersebut ?
Merdeka bukan berati bebas, karena kita juga punya aturan dalam bernegara, bukan berati bebas korupsi, atau untuk melakukan pungli.

Tentu saja konotasinya berbeda dengan kata merdeka, yang saya maksud merdeka disini adalah kita tidak sepenuhnya merdeka untuk bebas melakukan apa saja, karena kita disini memiliki hukum yang mengatur hak hajat orang banyak.

Anggap saja ini obrolan warung kopi, karena kita bebas berpendapat seperti anda juga sedang berfikir tentang makna dari ” kemerdekaan “.

Apapun harfiahnya dari kata merdeka tentu harus kita maknai sebagai bentuk yang sudah ada sesuai dengan sampul sejarah bangsa yang kita sedang rayakan pada HUT Kemerdekaan ini, yang penting para elit ataupun segolongan orang lebih memahami makna yang tersirat mana yang hak asasi dan mana yang harus menggunakan aturan baku. [ Red/Akt-01 ]

 

Oleh UG DANI
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed