oleh

Aksi Solidaritas Masyarakat Papua, Bupati Sorsel Akan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Kepada Gubernur

Teminabuan, Aktual News – Aksi unjuk rasa di lakukan Masyarakat Papua Kota Teminabuan Kabupaten sorong selatan sebagai protes terhadap Aksi Rasisme yang di lakukan oleh Aparat TNI, Polri dan Organisasi Masyarakat (Ormas ) di Surabaya dan Malang 17 Agustus lalu.

Aksi unjuk rasa masyarakat papua sebagai bentuk protes keras terhadap kejadian pada tgl 15 agustus 2019 di surabaya dan kota malang terhadap aksi Rasisme (monyet) yang di lontarkan pelaku kepada mahasiswa papua yang berada di jalan Kalasan Kota Surabaya tersebut yang di lakukan oleh pihak ormas dan aparat keamanan.

Dengan ini semua masyarakat atau ormas atau para tokoh yang berada di sorong selatan menurun ke jalan polotokor atau jalan utama untuk melakukan aksi unjuk rasa menentang kejadian yang terjadi pada tgl 15 agustus 2019 di surabaya
Aksi unjuk rasa ini di mulai dari perempatan jalan depan lapangan trinati dan melakukan longamarc menuju depan toko konda kemudian kembali wermit.

Aksi solidaritas

Aksi spontanitas masyarakat papua yang berada di sorong selatan mulai dari orang asli papua maupun non papua yang lahir bersar teminabuan,Bupati Sorong Sorong selatan , muspida Kapolres sorong selatan.

Dalam aksinya masyarakat papua menyampaikan kepada Presiden Repoblik Indonesia segera tindak lanjuti penyelesaian masalah yang terjadi di surabaya atau malang antara ormas atau pihak keamanan dengan mahasiswa papua yang berada di Surabaya.
masyarakt juga memintah kepada presiden Republik Indonesia segera menindak atau mencari pelaku baik itu Ormas atau pihak TNI,Polri serta kelompok yang melakukan kejadian ini harus di tindak tegas.

Kordinator aksi unjuk rasa George .R .kondjol,SH mengatakan sebagai kordinator dirinya bertanggung jawab dirinya memintah proses hokum harus tegas atas tindakan Rasis yang di lakukan oleh kelompok Ormas dan apara Negara yang terjadi di surabaya, menerutnya manusia Papua bukan binatang tapi sesama ciptaan yang perlu mendapat perlakukan yang sama dan adil.

Bupati sorong Selatan Syamsudin Anggiluli,SE saat berada di tengah orasi masyarakat papua berjanji akan membawa aspirasi masyarakat Papua di sorsel dan menyampaikan kepada Gubernur Papua Barat selanjutnya akan di tindak lanjuti ke pemerintah pusat Bupati Menegaskan bahawa bangsa papua atau orang Papua adalah bangsa yang beradap , religius beragama sehingga diriinya menghimbau agar sama-sama d sorong selatan dapat menjaga saling menghargai sesama masayarakat Nusantara yang ada di kabupaten Sorong selatan .

Dalam Aksi itu juga masyarakkat sempat bentrok bersama aparat keamanan namaun beberapa saat kemudian situasi dapat di kendalikan oleh tim gabungan TNI ,Polri dan Tokoh Masyarakat setempat . [ Red/Akt-19 ]

 

Nees Makuba
Aktual News

Foto aksi solidaritas masyarakat Papua di Sorsel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed