oleh

Masyarakat dan anak Sekolah dapat Pembagian Masker dari Babinsa dan Petugas Kesehatan Puskesmas Batang Lobu Sutam

Palas, Aktual News Kebakaran Hutan dan Lahan belakangan kerap terjadi di wilayah Sumatera, akibanya menimbulkan Kabut asap yang dapat mengganggu Kesehatan masyarakat terutama pernafasan, untuk menyikapi dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut, Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/tapsel, Sertu Hermanto Lubis dan Petugas Puskesmas Kec Batang Lobu Sutam melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker medis di Desa Papaso Kecamatan Batang Lobu Sutam Kabupaten Padang Lawas, Jum’at (13/9/19).

Kegiatan tersebut, merupakan reaksi dan tindak lanjut dari hasil Koordinasi Danramil 09/Sosa, Kepala Puskesmas Batang Lobu Sutam, menyikapi kondisi cuaca dan kualitas udara yang dinilai sudah mengkhawatirkan.

Kepala Puskesmas Batang Lobu Sutam Dr Fitriani Siahaan mengatakan, masyarakat setempat dapat menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah atau ketika bepergian agar tidak terjadi Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat terpapar kabut asap.dan pesan Kapuskesmas berpesan ada beberapa point diantaranya, Upayakan untuk tetap didalam rumah, gunakan masker apabila keluar rumah, minum air putih yang banyak, Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat, Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan Segera ke fasilitas kesehatan bila ada keluhan sakit

“Semoga masker ini bermanfaat bagi warga kita dan bisa menjadi solusi penghambat penyakit pernapasan, sehingga warga yang terdampak paparan kabut asap dapat di minimalisir,” ucapnya saat membagikan masker.

Dilain pihak kepala sekolah SDN Papaso bapak Alinapia Hasibuan sangat berterima kasih kepada pihak terkait dengan adanya kegiatan bagi masker sehingga proses belajar mengajar para siswa tidak terganggu oleh asap karhutla.

Selain itu tokoh pemuda Desa Papaso Robert Sitorus (38th) dengan adanya masker masyarakat Desa Papaso bisa beraktifitas seperti biasa tanpa takut adanya gangguan asap namun demikian dirinya akan menyampaikan ke masyarakat tentang himbauan dari Puskesmas dan Babinsa

terlihat masyarakat yang melintas di jalan dan anak Siswa SDN Papaso sangat antusias dengan kegiatan pembagian masker tersebut.

Sebanyak 500 masker dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan anak anak kita siswa SD agar mereka bisa beraktifitas dan belajar dengan tidak ada gangguan asap. [ Red/Akt-02 ]

 

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed