oleh

Kemarau Panjang dan Sambut Pilkades Serentak, Polres Pacitan Bersama Instansi Terkait Gelar Shalat Istiqo dan Istighosah

Pacitan, Aktual News,– Guna mewujudkan Kabupaten Pacitan aman, damai dan sejuk, Kepolisian Resor (Polres) Pacitan menggelar istighosah menjelang pemilihan kepada desa serentak, yang akan digelar pada Senin 14 Oktober 2019.

Tak hanya itu saja, namun kegiatan tersebut dirangkaikan dengan shalat istiqo atau meminta hujan. Mengingat, musim kemarau yang melanda di Pacitan ini membuat sejumlah wilayah kekurangan air bersih.

kegiatan istighosah dan shalat istiqo di halaman Polres Pacitan, Jumat (11/10/2019).

Terlihat, sejumlah elemen pelaksanaan Pilkades serentak yang mengikuti kegiatan itu, baik dari jajaran kepolisian, Pemkab Pacitan, TNI, kejaksaan dan lainnya cukup hikmat serta khusyuk saat mengikuti sesi demi sesi kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai selesai, di Halaman Polres Pacitan.

Meski panas terik matahari pagi menyengat dan keringat bercucuran, bukanlah hal yang menjadi persoalan dalam memohon kepada sang pencipta atas doa-doa yang dipanjatkan. Dengan menengadahkan telapak tangan ke atas, dengan penuh harap doa-doa tersebut segera dikabulkan.

“Kita harus optimis berdoa dan memohon. Mengingat, kondisi saudara-saudara kita yang saat ini memang kesulitan memperoleh air bersih karena sumber-sumber air banyak yang mengering. Mudah-mudahan dengan doa ini, Allah segera menurunkan hujan,” ujar Ketua Pengadilan Agama Pacitan, Drs. H. Sumarwan, seusai kegiatan, Jumat (11/10/2019).

Sementara itu, Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi mengatakan, kegiatan itu tidak lain hanya memanjatkan doa, memohon kepada Allah dan berharap Kabupaten Pacitan yang aman dan tentram.

“Intinya untuk berdoa agar pelaksanaan Pilkades serentak, aman, damai, lancar dan terwujudnya Pacitan yang tentram dan adem ayem, yang sekaligus istighosah ini dirangkaikan dengan shalat istiqo, memohon agar segera diturunkan hujan di Kabupaten Pacitan,” katanya.

Sugandi menambahkan, jelang Pilkades serentak di Pacitan, menurut pemetaan masuk kategori kurang rawan. Namun, pihaknya menekankan kepada para anggotanya agar selalu waspada dan berhati-hati, serta dalam melaksanakan tugas harus tetap sesuai dengan SOP.

“Untuk pengamanan Pilkades serentak, jumlah personel yang akan diturunkan kurang lebih total ada 500 personel dan bekerjasama dengan Linmas dan juga TNI. Di Pacitan ini masuk kategori kurang rawan. Untuk itu, mari jogo (jaga) Pacitan, jogo Jawa Timur supaya aman, tentram dan damai,” pungkasnya. [ Red/Akt-01 ]

Sigit Dedy Wijaya
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed