oleh

Kembali Digelar, Gebyar Seni Kethek Ogleng Tokawi Pacitan Sedot Ribuan Pengunjung

Pacitan, Aktual News,–Gebyar Seni Kethek Ogleng di HUT ke 57, kembali digelar di kawasan Monumen Jenderal Soedirman, Dusun Menur, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (27/10/2019).

Kesenian lokal asli dari Kecamatan Nawangan tersebut, cukup menjadi magnet tersendiri. Hal itu terlihat dari antusias ribuan orang yang sejak pagi hari mulai memadati kawasan monumen tersebut. Baik masyarakat dari wilayah Kecamatan Nawangan sendiri maupun dari luar kecamatan, hanya untuk menyaksikan sesi demi sesi acara tersebut.

“Kegiatan ini merupakan ulang tahun seni kethek ogleng ke 57 yang merupakan kesenian asli dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan dan Mbah Sutiman merupakan pendiri tari Kethek Ogleng,” ujar Sukarwan, Camat Nawangan.

Meski demikian, ia berharap kesenian tersebut jangan sampai hilang tergerus perkembangan zaman. “Semoga, masyarakat Nawangan bisa terus melestarikan kebudayaan ini dan mudah-mudahan ke depan bisa masuk dalam muri sebagai kebudayaan lokal,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/05 Nawangan Kapten Subari menambahkan, bahwa kebudayaan seni kethek ogleng yang merupakan budaya lokal Kabupaten Pacitan ini semakin dicintai, khususnya oleh warga Kecamatan Nawangan sendiri dan pada umumnya oleh warga Kabupaten Pacitan.

“Selain mengenalkan budaya kethek ogleng ke generasi muda, acara ini juga mengenang sejarah masa lalu yang ada di Kecamatan Nawangan. Semoga ke depan terus dilestarikan dan semakin dikenal luas,” ucapnya singkat. [ Red/Akt-01 ]

 

Sigit Dedy Wijaya
Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed