oleh

Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Cirebon Beserta 300 Peserta, Sukses Evakuasi 32 ODGJ Bersama RSMM, Menuju Kota Cirebon Bebas Pasung Tahun 2019

Cirebon, Aktual NewsWakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Cirebon Beserta 300 Peserta, Sukses Evakuasi 32 ODGJ Bersama RSMM, Menuju Kota Cirebon Bebas Pasung Tahun 2019

Bertempat di Aula Griya Sawala Komplek Kantor DPRD Jl. Siliwangi No.109 Kota Cirebon, Eti Herawati, sebagai Wakil Walikota Cirebon di dampingi Affiati sebagai Ketua DPRD dan H. Edy Sugiarto sebagai Kepala Dinas Kesehatan beserta Iing Daiman sebagai Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, yang didampingi Kepala Bidang, Kepala Seksi, Staf masing-masing dan peserta lainnya, berkumpul bersama untuk mensukseskan kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Se Kota Cirebon, yang digelar hari Selasa, 29 Oktober 2019, pkl 08.00 WIB s.d selesai.

300 peserta hadir memadati Aula Griya Sawala dan pelataran halaman gedung DPRD Kota Cirebon, guna mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Cirebon yang terdiri Wakil Walikota, Asda, Ketua DPRD, Komisi 3 DPRD, Dinkes, Dinsos, Satpol PP, Polres, Kodim, BNN, Kecamatan, Kelurahan, Poltekes Prodi Cirebon, RSUD, Puskesmas, TKSK, PSM, PD, PSC 119, Kader, Keluarga, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, dll.

Wakil Walikota yang membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan rasa syukurnya dan terimakasihnya kepada RSMM dan semua pihak yang telah membantu menangani ODGJ Kota Cirebon. Beliau meneteskan air mata merasakan keharuan, tatkala melihat ODGJ sedang mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis dari tim RSMM.
Kadinkes Kota Cirebon melaporkan bahwa, Kota Cirebon terdiri dari 5 Kecamatan dengan 20 Kelurahan, 22 Puskesmas dan 1 RSUD, sampai dengan September 2019, terdapat 506 ODGJ yang terdata di Dinkes Kota Cirebon, dengan 34 ODGJ akut diantaranya akan dilakukan pemeriksaan dan evakuasi ke RSMM untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan selama kurang lebih 1 bulan.
Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM, menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang sangat luar biasa kepada Wakil Walikota, Ketua DPRD dan seluruh unsur pemerintahan yang ada di Kota Cirebon. RSMM berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, menuju Kota Cirebon, Jawa Barat dan Indonesia Bebas Pasung Tahun 2019.

Dalam diskusi rencana tindak lanjut yang di pimpin oleh Ketua DPRD Kota Cirebon, menyepakati bahwa Kota Cirebon akan melaksanakan kegiatan Serah terima ODGJ Paska Rawat RSMM Tgl. 21 November 2019, dan kembali akan menggelar Pelayanan Kesehatan Jiwa masyarakat dan Evakuasi ODGJ Tahap 2 bersama RSMM, yang akan di laksanakan pada tgl 22 November 2019 di Kantor DPRD Kota Cirebon.

Di tempat terpisah I Ketut Sudiatmika, sebagai Ka. Instalasi KJM&PKRS dan dr. Udji Priatna, Sp.KJ, sebagai Psikiater yang di dampingi dr. Saras, beserta tim kesehatan jiwa masyarakat lainya yang dibantu mahasiswa Poltekes Prodi Cirebon, berhasil memeriksa dan menetapkan 32 ODGJ Kota Cirebon untuk di lakukan Evakuasi guna mendapatkan perawatan dan pengobatan di RSMM dengan menggunakan 1 unit bus RSMM dan 2 unit ambulance RSMM dan ambulance PSC 119 Kota Cirebon, yang di kawal oleh Rider Indonesia Escorting Ambulance (IEA) Kota Cirebon dan Kota Bogor.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ menuju Cirebon Bebas ODGJ dan ODGJ Pasung Tahun 2019, terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Cirebon yang didukung Provinsi Jawa barat dan RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor yang didukung Kementrian Kesehatan dan Sosial RI. [ Red/Akt-01 ]

 

✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

BY KJM & PKRS

Ketentuan Penulis : Aktual News

Gambar Gravatar
Naskah yang dikirim ke Redaksi dan diterbitkan menjadi milik Harian Online AktualNews. Isi dan artikel/tulisan sepenuhnya tanggung jawab pengirim/penulis, apabila ada sengketa terhadap isi naskah Redaksi akan mengembalikan tanggung jawab sepenuhnya kepada pengirim.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed