oleh

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswi Fikom Universitas Budi Luhur mengenai Pendidikan Literasi Media bagi Anak-Anak pada siswa-siswi Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh

Jakarta, Aktual News- Media selalu didukung teknologi. Media televisi dan terakhir media internet telah menjadi kekuatan baru yang mampu mempengaruhi kehidupan manusia abad 21. Media ada di sekeliling manusia, media mendominasi kehidupan manusia bahkan mempengaruhi emosi dan haria nalar manusia. Bahkan dengan sifatnya yang mudah diterima dan menyenangkan penggunanya, menjadikan televisi dan internet (Cyber Communications).

Melihat kebutuhan siswa-siswi madrasah diniyah saat ini bukan hanya pendididkan Agama saja, tapi harus memperhatikan pendidikan mengenai literasi media sehingga etika komunikasi islami dapat terwujud dengan baik. Oleh karena itu, pendidikan literasi media menjadi perhatian dan tanggung jawab seorang akademisi ilmu komunikasi terhadap keilmuannya memberikan pendidikan literasi media kepada masyarakat, khususnya kegiatan ini ditujukan untuk Anak-Anak Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh, Jakarta Barat yang perlu diberikan pendidikan literasi media.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Januari 2020, merupakan upaya Dosen-Dosen Fikom Budi Luhur untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa mengenai litersi media bagi anak-anak Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh. Ada 1 Perwakilan Mahasiswi Fikom Budi Luhur serta 2 Dosen Fikom yang ikut serta dalam PKM tersebut. Adapun Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan selama 3 hari.

Hari pertama merupakan acara observasi dan penanda-tanganan Perjanjian Kerja sama yang dilakukan oleh Bapak Rifqi Muflih, S.Sos., M.Si sebagai Ketua Pelaksana PKM Sedangkan hari kedua dengan pembekalan materi pendidikan literasi media dalam bentuk materi ajar di Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh oleh Dosen Public Relations Fikom UBL, Bapak Rifqi Muflih, S.Sos., M.Si, dan Dosen Broadcast/Jurnalistik Fikom UBL, Ibu Shinta Kristanti, S.Sos., M.Si. selaku Anggota PKM UBL serta 1 Mahasiswi Broadcast/Jurnalistik bernama Febi Ariani. Sedangkan di hari Ketiga melakukan evaluasi kegiatan PKM dan memberikan hadiah kepada siswa/siswi Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh sebagai apresiasi setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Literasi Media.

Lebih lanjut Dra. Hanifah Murdiah selaku Kepala Sekolah Madrasah Diniyah Al-Munawwaroh mengatakan: “Nilai-nilai kebudiluhuran yang dimasukkan dalam Pendidikan Literasi Media bagi anak-anak khususnya siswa/siswi Madrasah Diniyah untuk menjaga etika berkomunikasi di Era Digital seperti yang telah diajarkan dalam Al-Quran”. kerja sama dapat terus terjalin lebih baik kedua belah pihak. [ Red/Akt-01 ]

Aktual News

Ketentuan Penulis : Aktual News

Gambar Gravatar
Naskah yang dikirim ke Redaksi dan diterbitkan menjadi milik Harian Online AktualNews. Isi dan artikel/tulisan sepenuhnya tanggung jawab pengirim/penulis, apabila ada sengketa terhadap isi naskah Redaksi akan mengembalikan tanggung jawab sepenuhnya kepada pengirim.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed