oleh

Polda Jatim Siapkan 114 Posko Mudik,Pemudik Harus Diobservasi Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19

Surabaya, Aktual NewsMeski himbauan agar tidak mudik di lebaran tahun 2020 ini sudah jauh hari disampaikan oleh petugas, warga masyarakat dipastikan masih melakukan aktifitas tahunan itu ditengah wabah Covid-19.

Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya menyampaikan jika pentingnya mendirikan posko dan penyediaan ruang observasi dalam rangka mengantisipasi mobilitas mudik 2020, di masa pandemi Covid 19.

Hal itu juga untuk memudahkan koordinasi secara vertikal dan horisontal serta pengawasan terhadap pemudik.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, Polri telah mendirikan Posko mudik dan Covid 19 sebanyak 114 secara terpadu atau lengkap yang terdiri dari unsur Polri, TNI, BPBD, Dishub dan Kesehatan dan di setiap posko dilengkapi ruang observasi untuk pemeriksaan atau screening test Covid 19.

Terhadap penumpang angkutan umum petugas akan memasuki kendaraan dan melakukan pemeriksaan terhadap penumpangnya.

Pemudik akan melalui posko ini lengkap semacam observasi tempat pengecekan suhu dan ada sebanyak 114 posko mudik pelayanan terutama di Terminal, Stasiun, Bandara dan juga pelabuhan.

Di posko mudik itu tugasnya melakukan pemeriksaan terhadap orang yang dari luar kota yang akan memasuki Jawa Timur meliputi temperatur suhu tubuh.

“Jangan sampai nanti virus dari luar kota dibawa masuk ke Jawa Timur,” sebut Luki Hermawan, Kamis (9/4/2020).

Jika nantinya pemudik diketahui suhu tubuhnya tinggi maka akan dilakukan Rapid Test.

Kapolda juga menegaskan jika tidak ada penutupan kota, yang ada pengetatan pemeriksaan terhadap mobilitas orang (arus mudik) yang masuk di suatu wilayah dalam rangka mencegah berkembangnya Covid 19. [ Red/Akt-21 ]

Redho Fitriyadi
Aktual News

Ketentuan Penulis : Aktual News

Gambar Gravatar
Naskah yang dikirim ke Redaksi dan diterbitkan menjadi milik Harian Online AktualNews. Isi dan artikel/tulisan sepenuhnya tanggung jawab pengirim/penulis, apabila ada sengketa terhadap isi naskah Redaksi akan mengembalikan tanggung jawab sepenuhnya kepada pengirim.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed