oleh

ODGJ Terlantar yang Melahirkan, Dilakukan Rekam Finger Print dan Irish Scaner, Guna Lacak Identitas

Bogor, Aktual News-Setelah melahirkan bayi yang dibantu petugas Puskesmas Pasir Mulya Bogor Barat, pada hari Minggu, 07 Juni 2020, sang ibu yang menderita gangguan jiwa / ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang menggelandang di sekitar pertokoan Rimba Mulya Kota Bogor, kemudian di bawa ke RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, yang kemudian dirujuk kembali ke RS. Duren Sawit Jakarta karena masalah kondisi fisiknya, dan setelah selesai perawatan, sang ibu kemudian disalurkan ke Panti Sosial Bina Insani 2 Jakarta Timur, walau akhirnya kembali diantar ke RSMM, Tgl.11 Juni 2020, untuk melanjutkan perawatan jiwanya dan mempermudah koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Bogor, sebagai pengampu orang-orang Penyandang Disabilitas Mental (PDM).

Akhirnya sang ibu ODGJ terlantar yang melahirkan bayi perempuan itu pun dilakukan penelusuran biodata pasien melalui pencarian biometri di ruang PHCU wanita RSMM, melalui metode rekam sidik jari dan retina mata dengan alat Pinger Print dan Irish Scaner, yang dilakukan atas kerjasama antara Dinsos yang diwakili oleh pak Ketut Renawan dan bu Sunarti, KJM&PKRS RSMM yang diwakiki oleh Iyep Yudiana, Lilin Darmiyanti dan perawat ruangan bersama Pak Parwis dan tim dari Disdukcapil Kota Bogor, guna mencari data rekam e-KTP pasien untuk menelusuri asal usul identitas pasien dan keluarganya, karena komunikasi pasien masih sangat terbatas.

Hasil pencarian biodata berdasarkan biometric tersebut ternyata data pasien tidak ditemukan, sehingga kuat dugaan bahwa sang ibu, belum pernah melakukan perekaman KTP elektronik sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut maka Dinsos Kota Bogor akan menindaklanjuti penanganan sang ibu di panti sosial rehabilitasi mental paska perawatan di RSMM, sedangkan sang bayi, sedang dilakukan proses pemberkasan orang tua asuh sementara, sampai pasien sembuh atau ditemukan keluarganya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

🖐Stop Pasung.
💪Sehat Jiwa.
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

BY KJM&PKRS RSMM.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed