oleh

Panti Sosial dan PPDM Kab. Bogor, Siap Layani ODGJ Bersama RSMM

Bogor, Aktual News-Dari kejauhan, sudah tampak senyum penyambutan yang begitu hangat dan penuh kekeluargaan dari petugas yang berkostum merah marun yang tak lain dan tak bukan adalah para Pendamping Penyandang Disabilitas Mental (PPDM) Dinas Sosial Kabupaten Bogor bersama para pengurus Yayasan Darul Miftahudin, dalam kegiatan silaturahmi Advokasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Berbasis Panti, pada hari Kamis, 09 Juli 2020, Pkl.10.00 WIB s.d selesai.

Yayasan Bina Tauhid Darul Miftahudin yang dipimpin oleh H.Rupiuddin alias H.Hendra, sebagai Ketua Yayasan, yang dibantu oleh 27 pengurus lainnya, beralamat di Jl.Hambaro RT.03/07 Desa Hambaro Kec. Nanggung Kab. Bogor, berdiri sejak tahun 2010, dilahan seluas 1200 M3, dengan luas bangunan sekitar 400 M3, yang saat ini melayani sekitar 80 pasien, yang terdiri dari 71 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan 9 lansia, disamping itu menyantuni sekitar 272 janda lansia dan 161 anak yatim yang berada diluar yayasan, dengan layanan utama yang diberikan berupa bimbingan spiritual berupa zikir dan totok syaraf, olahraga, usaha produktif mandiri, kemitraan, dll.

40 peserta hadir memadati aula panti sosial yang terdiri dari para Pengurus Yayasan, Perwakilan dari PPDM, Kecamatan, Desa, Puskesmas, Tokoh Masyarakat dan petugas dari RSJ Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor. H.Rapiuddin tampil perdana memberikan pemaparan terkait sejarah terbentuknya Panti Sosial Darul Miftahudin, disusul ucapan terimakasih atas kerjasamanya dari pemerintaahan daerah yang disampaikan oleh Ujang Maulana sebagai Kasi PKM Kec. Nanggung dan Cecep sebagai Kasi Kesra Desa Hambaro, dilanjutkan penjelasan kerjasama pelayanan kesehatan oleh Novidah dari Puskesmas Nangung, dan diakhiri penjelasan pentingnya kerjasama pelayanan kesehatan jiwa dari I Ketut Sudiatmika sebagai Kepala Instalasi KJM & PKRS RSJ Marzoeki Mahdi Boggor.

Iyep Yudiana yang di minta untuk memberikan pemaparan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat mengupas berbagai bahasan mulai dari sejarah RSMM yang baru memperingati hari jadinya yang ke-138 tahun, informasi layanan jiwa yang ada di RSMM, program kegiatan jiwa yang memberikan layanan langsung ke masyarakat seperti pembesan pasung, evakuasi ODGJ, penyuluhan kesehatan jiwa, pendampingan rujukan, pemeriksaan dan evakuasi ODGJ masal, dll. Dipaparkan pula pentinya peran panti sosial sebagai pusat rehabilitasi ODGJ paska rawat, untuk mengembalikan fungsi – fungsi sosial, spiritual, keterampilan hidup, produktifitas, dll.

Seluruh peserta yang hadir sepakat bahwa pentinya peran keluarga dan masyarakat dalam mendeteksi masalah kesehatan jiwa, pemeriksaan, diagnosa dan penanganan awal yang tepat di puskesmas, perawatan dan pengobatan yang optimal di rumah sakit jiwa, rehabilirasi sosial, spiritual, produktifitas, dll yang bertahap di panti sosial dan diharapkan ODGJ bisa kembali ke lingkungan keluarga yang pulih, produktif dan mandiri di masyarakat. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

✋Stop Pasung.
💪Sehat Jiwa.
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

BY KJM & PKRS RSMM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed