oleh

Catatan Sejarah Dibalik Nama Besar Anak-Anak R.Koeswoyo

R.Koeswoyo

 

Jakarta, Aktual News-Siapa yang tak kenal Koes Plus sang legenda musik tanah air yang menjadi tonggak sejarah lahirnya para musisi  dengan perjuangan yang tak mengenal kata putus asa  sebagai pelopor musik di Indonesia.

Nama besar Koes Plus dan Koes Bersaudara tidak dapat dipungkiri mempunyai latar belakang yang patut diketahui dibalik nama besar sang legenda musik tanah air ini, apa saja, Aktual News mencatat, Koes Bersaudara yang lahir dari keluarga Koeswoyo yang merupakan juga seniman pada awalnya kurang setuju dengan anak-anaknya bermain musik dengan alasan hidup didalam musik tidak menjanjikan, namun kegigihan Tonny Koeswoyo sebagai motor penggerak akhirnya meluluhkan hati sang Ayah R.Koeswoyo.

Bahkan dibalik popularitas Koes Bersaudara dan Koes Plus , R. Koeswoyo atau lebih dikenal dengan Koeswoyo Senior juga ikut mencipta lagu yang dibawakan oleh sang legenda yang juga menjadi hits pada album-album Koes Plus seperti ” Oh Kasihku,” ” Mari-mari, ” ” Muda-mudi, ” Layang-layang”, ” Penyanyi Tua”, ” Anak Manja”, ” Penyayi Baru “, ” Gadis Ayu ” ” Opo Tumon ” ” Sayur Asem, ” dan masih banyak lagi bahkan karya Koewoyo Senior ini melibihi popularitas sang legenda siapa sangka kalau lagu-lagu hits tersebut ciptaan Koeswoyo Senior sang Ayah.

Siapakah Koeswoyo Senior ?…Koeswoyo Senior  merupakan masih keturunan wali songo yaitu keturunan ke 9 Sunan Drajat.

R Koeswoyo meskipun masih memiliki darah biru namun ia tetap terlihat sederhana, malah darah seninya mengalir, dengan kesederhanaanya ini juga menurun pada salah satu anaknya Yok Koeswoyo yang memilik nama asli Koesroyo, hingga saat ini Kesederhanaan Yok masih tampak bersahaja.

Catatan yang kami himpun juga Popularitas Koes Bersaudara tidak lepas juga dengan nama sang Kakak dari sang legenda Almarhum Tonny Koeswoyo yaitu John Koeswoyo yang tidak pernah tercantum dalam album-album Koes Barsaudara.

John Koeswoyo meskipun namanya tidak termasuk salah satu leganda musik Indonesia namun memiliki andil besar sebelum lahirnya nama Koes Bersaudara karena ia juga ikut bermain bas saat grub band ini masih bernama Koes Brothers yang terdiri dari John, Tonny, Yon, Yok, dan Nomo yang kemudian Berganti nama Koes Bersaudara saat itu pula nama John tidak lagi tercatat dalam Koes Bersaudara.

Catatan Berikutnya, setelah Nomo Koeswoyo menyatakan mundur dari Koes Bersaudara dan namanya digantikan dengan Murry dengan bergantinya Nomo nama Koes Bersaudara pun berganti menjadi Koes Plus yang kita kenal saat ini.

Namun, sejarah juga mencatat dibalik nama besar Koes Plus juga ada nama yang ikut pula membesarkan nama Koes Plus, dia adalah Totok AR.

Totok AR merupakan sosok yang patut dicatat, karana pada saat peralihan Koes Bersaudara menjadi Koes Plus, salah satu personel tidak mau ikut main yaitu Yok Koeswoyo sebagai pemain Bas, posisi Yok digantikan Totok AR saat awal pertama lahir Koes Plus dan mengasilkan album perdana Dheg Dheg Plas yang menjadi hits dalam album tersebut, ” Bunga Ditepi Jalan” , ” Kelelawar, ” dan lainnya.

Demikian catatan sejarah yang patut anda ketahui dibalik perjalanan musik sang legenda tanah air Koes Plus dan Koes Bersaudara. [ Red/Akt-01 ]

 

UG DANI
Aktual News

Berbagai Sumber

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed