oleh

150 ODGJ dan Pendamping, Hadiri Penyuluhan dan Pengobatan Jiwa Gratis, di Puskesmas Campaka Cianjur Bersama RSMM

Bogor, Aktual News-150 barisan peserta, tampak padat memenuhi lokasi kegiatan yang terdiri dari pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Keluarga ODGJ, Kader, Tokoh masyarakat, Aparat kecamatan, Aparat desa, Petugas satpol PP, Petugas Puskesmas, dll yang duduk rapih dengan pengukuran suhu tubuh, memakai masker dan jaga jarak di Aula Kantor Desa Sukajadi yang terletak di Jl. Kaum Warung Bitung Desa Sukajadi Kec. Campaka Kab. Cianjur Jawa Barat, dalam kegiatan *”Gebyar Penanganan ODGJ Dalam Rangka Cianjur Bebas Pasung di Wilayah Puskesmas Campaka Tahun 2020.”*

A. Rahman Permana, sebagai Ketua kegiatan yang didampingi Elah Rohilah sebagai PJ Keswa PKM Campaka, tampil melaporkan jalannya acara yang sukses digelar atas kerjasama yang apik antara Puskesmas Campaka, Desa dan Kecamatan Campaka, Dinkes Kab. Cianjur bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang dibenarkan oleh In Lingga sebagai Camat Kecamatan Campaka yang turut hadir menyambut acara penyuluhan dan pengobatan jiwa gratis di Kecamatan Campaka.

Puskesmas Campaka yang beralamat di Jl. Kaum Warung Bitung Desa Sukajadi Kec. Campaka Kab. Cianjur, mempunya wilayah kerja di 11 desa se-Kec. Campaka, dengan 63 ODGJ yang terdata dan 53 ODGJ yang terdaftar pernah berobat dipuskesmas, yang 4 ODGJ diantaranya masih dilakukan pemasungan oleh keluarganya.
Sementara Hj. Lina Herlinayati sebagai Kasie PTM dan Keswa Dinkes Cianjur, mengapresiasi kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan ODGJ Gratis yang digagas Puskesmas Campaka bersama kecamatan campaka dan RSJMM Bogor. Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa masih terdapat 1319 ODGJ di Kab. Cianjur, yang 841 diantaranya adalah ODGJ Akut dan 12 ODGJ Pasung, yang akan segera dan terus di tanggulangi bersama RSMM.

Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa dan Koordinator Lintas Sektor RSMM, yang diminta memberikan penyuluhan kesehatan jiwa, mengapresiasi kegiatan yang digagas puskesmas campaka bersama desa dan kecamatan di campaka bersama RSMM. Dihadapan 150 peserta penyuluhan kesehatan jiwa yang di selingi dengan simulasi dan permainan edukasi, dipaparkan tentang pentingnya peran Keluarga, Kader, Petugas Puskesmas dan Masyarakat terhadap pemulihan ODGJ di masyarakat, disampaikan pula 5 kunci kesuksesan pemulihan ODGJ dilingkungan keluarga dan masyarakat yaitu : Minum obat secara teratur, Kontrol berobat secara rutin, Komunikasi keluarga yang aktif, Aktifitas yang sesuai dan bertahap serta kembali bersosialisasi dengan masyarakat.

Dr. Mochammad Udji Priyatna, SpKJ, sebagai Psikiater RSMM, yang didampingi dr. Very Akbar sebagai dokter Puskesmas Campaka bersama tim kesehatan jiwa lainnya, diruangan yang terpisah, telah berhasil melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap 35 ODGJ yang hadir, dari 40 ODGJ yang direncanakan datang mengikuti acara kegiatan. Satu persatu ODGJ yang didampingi keluarganya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan serta diberikan obat yang harus diminum pasien dirumah, didampingi keluarganya sebagai PMO (Pendamping Minum/menelan Obat) dirumah. [ Red/Akt-01 ]

 

 

 

Aktual News

✋Stop Pasung.
💪Sehat Jiwa.
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

*BY KJM & PKRS RSMM*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed