oleh

Pemkab Gelar MTQ ke 47 Tahun 2021 Secara Virtual

Simalungun, Aktual News-Dalam melaksanakan Musahbaqah Tilawatil Quran (MTQ )Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ke 47 tahun 2021 tingkat kabupaten secara virtual dan mengikuti protocol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan, serta mengecek suhu tubuh sebelum memasuki lokasi acara.

MTQ tersebut mengangkat tema: “Melalui Musahbaqoh Tilawatil Quran,kita wujudkan SDM unggul, profesional dan Qur’ani” dan secara resmi dibuka Bupati Simalungun JR Saragih diwakili Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga, ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pemukulan rebana, tertempat di Gedung MUI Jalan Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara Kamis (4/3/21).

Ketua Panitia MTQ ke-47 tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2021 Akmal Siregar dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan MTQ berlangsung sejak tanggal 4 s/d 6 Maret 2021.

Cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini terdiri dari bidang Mujawwad 3 golongan, bidang Tahfiz 5 golongan dan bidang Hadist 1 golongan, dengan lokasi lomba di Gedung MUI, UISU dan Kantor Kemenag.

Semua cabang diikuti oleh peserta sebanyak 180 orang tingkat anak-anak, remaja dan dewasa dari kecamatan se Kabupaten Simalungun.

Saat Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga antara lain mengatakan, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sekadar bermakna sebagai peneguh syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat.

Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan, kegiatan ini juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan, terutama dari segi rohani dan cahaya kedamaian, serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat di daerah ini.

Para perserta diharapkan, dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di bumi Habonaron Do Bona.

Namun sebelumnya, Kakan Kemenang Kabupaten Simalungun Sakoanda Siregar SAg dalam sambutannya menyampaikan, di antara syair mars MTQ dikatakan bahwa ‘Gema Musabaqah Tilawatil Qur’an pancaran Illahi, cinta pada Allah, Nabi dan Negara wajib bagi kita’.

“Dari syair ini, maka MTQ ini harus dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Allah, Nabi dan Negara,” ucapnya. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed