oleh

Eksitensi dan Akultrasi Kesenian Wayang Golek Cepak serta Tari Karawitan Dalam Era Moderenisasi

Indramayu, Aktual News-Kesenian Tari Karawitan dan Wayang Golek Cepak adalah Budaya khas Jawa yang memadukan Gamelan alat-alat musik tradisional, tarian daerah ini ektensinya sudah hampir terlupakan oleh kemajuan jaman. Sosok figur Sujaya bersama istrinya Kastirih berkesinambungan melestarikan budaya warisan yang sudah hampir tergerus oleh jaman, Sujaya mewarisi darah seni dari almarhum mendiang ibu Taswiyem, bapak tua Ki Tayut, buyut Jana Nata Perdita, dan Cangga Sabit semunya adalah pelakon seni sebagai Dalang dan Sinden. Kesenian Karawitan khas Jawa dan dilestarikan oleh Sanggar Cipta Budi, di Desa Juntinyuat Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Sujaya belajar kesenian daerah di tahun 1990, sampai sekarang selalu melestarikan kesenian Daerah, pertunjukan kesenian Karawitan dengan ragam kelenturan badan tangan dan gerak kaki dipadukan dengan alat musik tradisional.

Kunjungan Camat Juntinyuat Drs. MUHAMAD NURUL HUDA M.Si, bentuk apresiasi pemerintahan setempat kepada Sanggar Cipta Budi, akan mendampingi sanggar karena sanggar sangat membutuhkan alat-alat yang belum ada di Sanggar begitu juga tempat yang kurang nyaman “ucapnya Kamis 08/04/2021.

Upaya pelestarian kesenian Tari Karawitan dan Wayang Golek Cepak untuk selalu memperhatikan dunia luar dengan segala moderenisasi, tetapi tidak meninggalkan tradisi.

Kesenian Karawitan dan Wayang Golek Cepak yang sesungguhnya serta selalu meningkatkan rasa cinta terhadap Kesenian yang ada dengan cara saling toleransi kepada sesama untuk mempertahankan suatu Kesenian agar tetap lestari dan dapat dinikmati para penerus generasi bangsa yang akan datang.[ Red/ Akt-41/Yunadin ]

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed