oleh

Unit Kebun PTPN IV Se Distrtrik III, Bersaing Tingkatkan Produksi

Siantar,Aktual News-Diawal tahun 2021 lalu, PT. Perkebunan Nusantara IV ( PTPN IV ) pada rapat kerja dengan tagline Petarung N IV dengan perjuangan luar biasa untuk bisa meraih kejayaan. Pada saat direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno juga menyampaikan rencana kerja jangka panjang PTPN IV mulai dari road Map PTPN IV, proyeksi RJPP tahun 2020 s/d 2024 serta transformasi keuangan jangka panjang.

Nah, dalam menindak lanjuti, rapat kerja tersebut, serta untuk meningkatkan capaian produksi setiap unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV, akan bertarung menggali potensi yang ada, tentunya dengan tidak melupakan program new normal yang diterapkan di PTPN IV.

Dari data yang diperoleh, triwulan pertama tahun 2021 capaian produksi di beberapa unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV mulai meningkat.

Khusus di wilayah kerja Distrik III yang terdiri dari 8 unit usaha pada triwulan pertama tahun 2021 kebun Adolina tampak menduduki peringkat I pada capaian produksi tertinggi dengan total 28,13 % terhadap RKAP tahun 2021.

Tidak hanya itu, peningkatan protas selama tiga tahun terakhir untuk kebun se Distrik IV juga tampak mengalami kenaikan, sebab dari Januari 2021 sampai dengan saat ini untuk kebun se Distrik III telah mencapai 5,5 ton / Ha dan angka ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada diangka 5,40 ton/Ha. Hal ini dibenarkan oleh Oktafif Andre Lubis SH, selaku Kabid SDM Umum dan Keamanan distrik III kepada Aktual News.

Sebagai peraih produksi tertinggi se wilayah Distrik III, kebun Adolina PTPN IV, dalam menjalankan bisnis tetap berupaya meningkatkan kinerjanya. Manager kebun Adolina Ihsan melalui Asisten Personalia kebun unit kebun Adolina, Michel sakti purba membenarkan, capaian produksi kebun Adolina berada di posisi atas se Distrik III dan dari data yang diterima, peningkatan capaian produksi tersebut berhasil di raih dengan berbagai upaya pencapaian RKAP tahun 2021 diantaranya melakukan panen kaveld tersendiri pada tanaman ulang, kemudian perbaikan jalan langsiran pada daerah sentongan sentongan. Kemudian peningkatan BRT dengan pemberian kairomix dan Hatch and Carry pada tanaman, meminimalisir restan dengan perbaikan jalan dengan alat berat melalui pemberian batu padas serta sirtu dari mitra Kuring serta upaya pencegahan serangan hama melalui EWS yang benar, melaksanakan Light trap. Menanam tanaman beneficial plant, pelepasan predator, serta melakukan pencegahan pencurian dengan meningkatkan soliditas tim pengamanan satpam JWM, Afdeling serta Muspika serta melakukan patroli oleh Karpim dan perangkat Afdeling.

Selain berbagai upaya diatas,kebun Adolina juga dikenal sebagai kebun yang memiliki kepedulian sosial yang dikelola oleh PTPN IV melalui program CSR.

Unit Kebun Pabatu
Kebun Pabatu yang terletak di wilayah kabupaten Serdang Bedagai dikenal sebagai salah satu unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV dan dalam menjalankan program kerja sebagaimana Tagline petarung N IV, kebun Pabatu juga telah berhasil meningkatkan kinerja dan pada triwulan pertama tahun 2021 kebun Pabatu berhasil menduduki posisi ke dua dalam pencapaian produksi se Distrik III.

Manager unit kebun Pabatu, Masaeli Lahagu ketika ditemui di ruang kerjanya Senin, 19 Apri 2021 mengatakan bahwa upaya peningkatan capaian produksi di unit kebun Pabatu juga dilakukan semaksimal mungkin dan hal ini terbukti dengan berhasilnya kebun Pabatu menempati posisi kedua pada triwulan I tahun 2021 dalam pencapaian produksi se Distrik III.

Untuk capaian produksi di triwulan pertama tahun 2021, manager kebun Pabatu memberi data melalui askep kebun Pabatu, Aulia Irvan dimana dari data capaian produksi tahun 2021terlihat terus mengalami peningkatan. Dengan areal tanaman menghasilkan seluas 4400 ha, sejak bulan Januari hingga Maret 2021 capaian produksi di kebun Pabatu tampak mengalami kenaikan dan hingga triwulan pertama, kebun Pabatu mampu memperoleh capaian produksi sebesar 20, 06 % terhadap RKAP.
Sebagaimana unit kebun lainnya yang dikelola oleh PTPN IV, kebun Pabatu juga sebagai perusahaan yang sangat peduli terhadap lingkungan, dan untuk menjaga aset perusahaan termasuk yang berkaitan dengan upaya peningkatan capaian produksi kebun Pabatu juga melakukan pengamanan. [ Red/Akt-35/Ansary Nasution ]

 

Aktual News

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed