oleh

Kapolres Karawang Sambut Baik Kunjungan Ketum PPWI

Karawang,Aktual News – Kapolres Karawang, Polda Jawa Barat, AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.H., M.Si., menyambut baik kunjungan Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., Senin (26/4/21). Maksud kunjungan tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dan membangun sinergitas antara awak media, khususnya yang tergabung di PPWI, dengan Polres Karawang. Hadir mendampingi Ketum PPWI, antara lain Ketua DPC-PPWI Karawang, Dede Nurcahya; Sekretaris DPC-PPWI Karawang, Neneng J Khairiah; dan Koordinator PPWI Regional Sumatera, Edi Suryadi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PPWI menyampaikan visi dan misi yang dijalankan PPWI selama ini. “Visi PPWI adalah untuk mewujudkan komunitas masyarakat Indonesia yang cerdas media. Cerdas media menurut definisi PPWI adalah masyarakat yang cerdas dalam menerima dan merespon setiap informasi yang diterimanya, serta cerdas juga dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” jelas Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012.

Peran media massa, tambah Lalengke, sangat penting dalam memberitakan setiap kejadian secara benar dan sesuai fakta di lapangan (tidak hoax – red). “Oleh karena itu, sinergitas antara Polri dan media sangat penting dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” imbuh tokoh pers nasional Indonesia ini.

Untuk mencapai visi tersebut, kata Lalengke lagi, salah satu program utama yang dijalankan PPWI selama ini adalah edukasi jurnalistik kepada semua elemen masyarakat agar memahami cara menjadi pewarta (pemberi berita – red) yang benar, pewarta yang dapat memberikan informasi berkualitas sesuai fakta lapangan dan dari sumber terpercaya. Termasuk warga masyarakat di lingkungan TNI dan Polri diajak belajar jurnalistik, baik jurnalisme tulis-menulis, fotografi, videografi, maupun pengelolaan media.

“Sejak 2013, PPWI bekerjasama dengan Divisi Humas Polri telah melakukan serangkaian pelatihan jurnalistik di berbagai Polda se-Indonesia, sehingga kita dapat melihat hasilnya saat ini, anggota polisi, khususnya di unit humas-humas, mereka sudah sangat piawai membuat berita,” ungkap penerima Best Executive & Professional Award 2013 itu.

Selain memperkenalkan seluruh Tim PPWI yang hadir saat itu, pada kesempatan ini, Ketum PPWI yang terkenal gigih membela anggotanya dan masyarakat umum yang teraniaya itu, menitipkan harapan kepada Kapolres untuk memberi perhatian khusus terhadap salah satu laporan anggota PPWI atas nama Aris Supriyadi terkait kasus pencurian mobilnya yang diduga dilakukan oleh para sindikat. “Alhamdullilah, Kapolres Karawang langsung merespon laporan tersebut dan akan segera diusut tuntas sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tutur lulusan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University, Inggris ini.

Sementara itu, Kapolres Rama Samtama Putra menyambut baik kunjungan Ketua Umum PPWI bersama Tim, yang datang sekira pukul 16.00 WIB. Pertemuan silahturahmi yang dilaksanakan di ruang kerja Kapolres Karawang ini berlangsung penuh kehangatan dan keakraban. Kapolres memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan berbagai program inovatif Polres Karawang dalam mengimplementasikan tugas pokok dan fungsi Polri sejalan dengan program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan – red) yang dicanangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Terima kasih atas kunjungan Ketua Umum PPWI Nasional, Bapak Wilson Lalengke, ke kantor kami. Saya sangat berharap silahturahmi ini akan memperkuat sinergi antara Polres Karawang dengan media. Peran media selama ini sangat penting bagi kesuksesan kinerja Polri. Saya mengharapkan media dapat memberitakan, memberikan informasi yang benar untuk masyarakat. Karena jika memberitakan informasi hoax, hal tersebut akan memprovokasi masyarakat dan menimbulkan suasana tidak kondusif serta berakibat fatal terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat,” papar Kapolres Rama Samtama Putra bersemangat.

Kapolres selanjutnya menjelaskan beberapa program yang sedang digarap dan akan segera launching, antara lain pengadaan ruang kontrol situasi Kamtibmas Karawang yakni Command Center Polres Karawang. Program ini, sebut Kapolres, akan memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait berbagai hal ke Polres Karawang tanpa harus kesulitan hadir secara fisik ke Kantor Polisi.

“Bahkan, jika ada kejadian darurat di lapangan, seperti kecelakaan, perampokan, pengrusakan, dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya, warga bisa langsung menghubungi pihak kepolisian hanya dengan memencet tombol “Panic Bottom” di aplikasi Karawang Tangguh di hape-nya, dan seketika itu juga Command Center akan langsung merespon dengan menghungi anggota kita yang standby di lokasi terdekat,” urai Kapolres yang ramah dan murah senyum itu.

Usai berdialog silahturahmi, Kapolres Rama Samtama Putra mengajak Ketum PPWI bersama tim meninjau ruangan dan fasilitas Command Center Polres Karawang yang berada di sebelah ruang kerja Kapolres, di lantai 2 Gedung Mapolres Karawang. Ketum PPWI sempat mencoba beberapa vitur yang tersedia di aplikasi Karawang Tangguh, seperti panic bottom dan portal warga.

“Setiap warga Karawang dapat mengunduh aplikasi Karawang Tangguh di play store dan memanfaatkan fasilitas vitur yang tersedia di aplikasi tersebut, termasuk pengecekan perkembangan kasus yang dilaporkan ke Polres Karawang. Tapi hati-hati, jika memencet tombol panic bottom sembarangan, tanpa ada kejadian darurat, hanya untuk iseng atau main-main, akan saya tindak,” tutup Kapolres memberi pesan kepada masyarakat.

Usai acara kunjungan silahturahmi tersebut, Ketum PPWI Wilson Lalengke bersama Tim melakukan foto bersama dengan Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra. Bravo Polres Karawang..!! [ Red/Akt-01/NJK ]

 

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed