oleh

Sekilas Mengenal Kata ” Nusantara “

Jakarta, Aktual News-Sobat, akhir pekan merupakan hari yang dinantikan bagi sebagian orang karena setelah kita dijejali dengan aktivitas selama sepekan kita perlu memanjakan diri sendiri dengan istirahat untuk memulihkan kembaliĀ  stamina dan ketegangan untuk beraktivitas.

Mengisi hari libur banyak yang kita lakukan misalnya berolahraga, mengerjakan hobi, membaca atau boleh juga istirahat seharian.

Membaca merupakan pilihan yang arif dalam mengisi akhir pekan, selain menambah wawasan juga bermanfaat untuk referensi pada saat kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat ataupun teman.

Jika anda hoby jalan-jalan, pilihan ini juga sangat baik untuk memulihkan fikiran kita agar kembali fress.

Hoby jalan-jalan juga banyak manfaatnya selain menikmati keindahan alam juga kita mengenal keragaman budaya Nusantara, yup..kata Nusantara sobat tentu sudah tahu dong.

Kata Nusantara sudah ada sejak jaman dulu, Nusantara berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Nusa yang berati pulau dan Antara yang berarti luar.

Nusantara sendiri merupakan bakal cikal nama Indonesia, namun nama itu hingga saat ini masih melekat sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Seperti apa kata sejarah pada tahun 1920-an Ki Hajar Dewantara pernah memperkenalkan kata Nusantara untuk wilayah Hindia Belanda sebelum nama Indonesia ditetapkan sebagai nama Negara.

Nusantara juga tak lepas dari sejarah Majapahit yang Kita kenal dengan Sumpah Palapanya yang diucapkan oleh Gajah Mada dalam sumpah Palapa pada upacara pengangkatan menjadi Patih Mangkubumi Majapahit.

Seperti apa sumpahnya, ini kata patih Gajah Mada, “Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana isun amukti palapa.”

Artinya, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikian saya (baru akan) melepaskan puasa.”

Luar biasa’, Sumpah Gajah Mada dengan tegasnya, nah dari sinilah kata Nusantara mulai populer, bahkan nama Nusantara juga diabadikan pada ruang-ruang gedung parlemen kita MPR RI, selain itu grup musik legendaris Koes Plus tak tanggung-tanggung mengabadikan dalam sebuah lagu ” Nusantara” secara berseri, Nusantara 1, Nusantara 2 dan seterusnya.

Nah itulah sobat mengisi akhir pekan ini kami sajikan sedikit ulasan tentang nama Nusantara, Selamat berakhir pekan. [ Red/Akt-01/UG DANI ]

 

Aktual News

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed