oleh

PPKM Level 4 Diperpanjang, Sektor Wisata Menjerit

Bogor, Aktual NewsBogor jawa barat memiliki tempat wisata alam yang sangat melegendaris dan terkenal dari jaman dahulu,tempat wisata alam tersebut bernama Gunung Salak Endah,yang bertempat di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sangat cocok untuk menikmati keindahan alam anak-anak maupun orang dewasa, mereka dapat merasakan sejuk nya udara ketika berada di kawasan Gunung Salak Endah atau yang biasa disebut GSE ini,serta dapat bermain beberapa kegiatan yang sudah di sediakan pihak pengelola.

Tapi di saat pemerintah menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) lvl 4 hingga 16 Agustus 2021 mendatang tempat wisata ini di tutup total.

Dirman seorang warga salah satu pedagang di antara puluhan deretan kios yang ada di kawasan Gunung Salak Endah mengungkapkan.”saya berjualan di sini sudah hampir belasan tahun,dengan ada nya aturan pemerintah tentang PPKM sangat lah memberatkan kami dan teman -teman sesama pedagang di tempat ini yang mana dalam aturan tersebut menutup total bagi pengunjung yang datang. dengan tidak di perbolehkan ada pengunjung yang datang sama aja bohong lalu siapa yang mau beli dagangan kami. berikan kami perhatian minimal ada sedikit kelonggaran di kawasan wisata untuk meringankan kebutuhan kami sehari-hari” ujarnya.

Selanjutnya,Ia pun menambahkan, “Saya sangat mengandalkan dagang disini karena ini penghasilan satu-satu nya untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari, boro-boro ada penghasilan yang ada pun modal sudah habis di pake makan” dengan pandangan jauh dan kosong.

“Kami berharap pemerintah atau dinas terkait memperhatikan kami disini karena kami tidak mendapatkan bantuan apapun selama PPKM ini berlaku, harapan kami buka untuk pengunjung jangan di tutup total karena disini pengunjung dengan berwisata tidak berkerumun akan tetapi menyebar karena menikmati indahnya alam dan jernihnya air disini” lanjutnya.

Di tempat terpisah Sabri M Ibrahim selaku Tokoh Muda Pamijahan mengungkapkan harus ada kelonggaran di sektor wisata. “Tolong di lihat di sini ada banyak orang yang menggantungkan kebutuhan hidupnya dari para pengunjung. harapan saya tolong di tinjau ulang aturan ini kalau bisa jangan lah di tutup total biarkan lah 50 % pengunjung di perbolehkan datang mengingat perusahaan atau pabrik saja di perbolehkan aktivitas, dalam artian tidak di tutup total. kalau pun pendatang tidak boleh dari luar kota minimal orang Bogor di perbolehkan datang” pungkasnya.

Dalam Kondisi Normal Sebelum Pandemi, Tempat wisata Gunung Salak Endah Jawa Barat setiap minggu nya bisa mencapai Ribuan orang yang datang.

Dengan adanya pandemi covid-19 telah memukul sektor pariwisata di Indonesia namun di sisi lain masih menciptakan peluang di tahun 2021. keyakinan itu di utarakan oleh menteri pariwisata dan Ekonomi kreatif melalui Wishnutama kusubandio dalam rapat kerja komisi X DPR.rabu 23/9/2020.

Wishnutama, lalu menyebutkan tiga program strategis kemenparekraf 2021 tiga program prioritas itu adalah mempercepat pemulihan pariwisata menerapkan quality tourism dan Ekonomi kreatif serta digitalisasi dan kedaulatan digital ,untuk mewujudkan hal ini anggaran kementrian pariwisata dan Ekonomi kreatif tahun 2021 di tetapkan sebesar 4,9 triliun atau naik Rp 795,71 milyar dari pagu awal yang di tetapkan menteri keuangan Sri mulyani sebesar Rp 4,11 triliyun ada kanaikan 19,4% pada pagu anggaran 2021 sehingga menjadi Rp 4,90 triliyun ucapnya .di kutip dari Media Indonesia.

Pemerintah diharapkan dapat mengatur dan mengukur dengan kebijakan yang di ambil harus dapat diterima oleh kalangan masyarakat kecil, terutama pemerintah daerah yang mengetahui karakter masyarakatnya sendiri.

“Agar masyarakat di kawasan wisata tidak menjerit dikarenakan dengan kebutuhan hidup yang semakin sulit. Pemda Kabupaten Bogor harus segera mengambil langkah karena ekonomi yang nyaris lumpuh.” Tutup Sabri. [ Red/Akt-01 ]

Aktual News

PPKM Level 4 Diperpanjang, Sektor Wisata Menjerit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed