oleh

Ketua IWO Bogor Ajak Kader Penyuluh Wasbang Ikut Tangkal Hoaks dan Bijak Bermedsos

Bogor, Aktual News– Dalam acara Pelatihan Kader Penyuluh Wawasan Kebangsaan Kota Bogor tahun 2021 yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bogor, dilaksanakan di The Forest Hotel Jl. Sumantadireja 99 Pamoyanan, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 15 September 2021.

Ketua IWO Bogor, Didin atau yang biasa disapa kang Brodin ini mengajak para kader wawasan kebangsaan yang berjumlah 136 orang, dipilih dari 68 kelurahan yang di Kota Bogor, untuk cerdas dan bijak bermedsos, juga menjadi garda terdepan menangkal hoaks atau berita bohong.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting karena hoaks atau berita bohong sangat merugikan masyarakat, dan dalam era digital ini peran Kader penyuluh wasbang juga dapat menjadi garda terdepan di lingkungannya untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat dengan UU ITE akan hal tersebut.

Brodin juga mengingatkan dengan wawasan kebangsaan di era digital ini, perjuangan para leluhur atau pahlawan dapat kita teruskan sesuai dengan zaman era ini, sebab di Indonesia saja data 2021, lebih dari 170 juta jiwa pengguna media sosal dari 279,6 juta penduduk Indonesia.

“Ya kami sebagai para awak media juga mengajak para Kader Penyuluh yang setiap hari ada ditengah masyarakat menjadi garda terdepan tangkal hoaks dan hate speech atau ujaran kebencian yang memecah belah NKRI, juga mereka dapat menjadi pelopor bijak bermedsos”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi Bakesbangpol Kota Bogor, Aep Saepudin mengungkapkan dibentuknya kader penyuluh dimaksudkan agar mempercepat terwujudnya cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Di saat tersebut narasumber lain yaitu Eko Budiyanto Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian dan Lembaga BPIP memaparkan penguatan di lingkungan keluarga yang akan menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila, tolong menolong, gotong royong juga sangat penting.

Narasumber yang hadir diantaranya Kemendagri, Direktur Hubungan Antarlembaga dan Kerjasama BPIP, Elfrida Herawati Siregar, beserta Eko Budiyanto Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian dan Lembaga BPIP, Kepala Badan Kesbangpol Propinsi Jabar, Dr. Drs. HR Iip Hidajat, Mpd, BNNK, Rumah Kebangsaan Pancasila dan Ikatan Wartawan Online (IWO) juga narasumber lain yang direncanakan di waktu yang akan datang. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed