oleh

IZE Fest 2021 Gelar Kategori 9 Perlombaan dengan Peserta dari Berbagai Negara

Bogor, Aktual News-BAZNAS dan SAM hulu Langat Gelar International Zakat Festival tahun 2021

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan SAM Hulu Langat Malaysia kembali menggelar acara International Zakat Education Festival (IZE Fest) ke-5 secara daring, melalui aplikasi Zoom, Senin (22/11).

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS RI, Ahmad Fikri, Manager Bank Syariah Indonesia (BSI), Firtia Ekayani, Pengetua SAM HULU LANGAT, Tuan Haji Mohd Zainul Arifin Bin Mohd Jaid, Plt Kepala Sekolah Cendekia BAZNAS, Ahmad Kamaluddin Afif serta para peserta kurang lebih 700 peserta, 173 Sekolah yang berasal dari 4 negara.

Menghadirkan konsep baru dengan mengusung tema Be GREGARIOUS, Great (Hebat), Gainer (Pemenang) dan Glorious (Berjiwa Mulia), IZE Fest 2021 menggelar perlombaan Internasional dan Nasional dengan kategori sembilan perlombaan.

Lomba tingkat Internasional diantaranya Olimpiade Zakat, Matematika dan Sains (OZAM), Speech, Spelling Bee, Muadzzin Battle, Qiraat Sab’ah, Pidato Bahasa Arab, serta pidato Bahasa Melayu. Sementara kategori Nasional yakni Media Pembelajaran dan Pramuka.

Kepala Divisi Pendistribusian Baznas RI, Ahmad Fikri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara IZE FEST 2021 merupakan bentuk syiar serta pengejawantahan zakat untuk pendidikan yang berkualitas.

”Zakat menjadi salah satu instrumen penting pembangunan ekonomi. bukan hanya pemberian secara konsumtif kepada fakir miskin, tetapi juga dalam dunia pendidikan zakat hadir untuk mencetak generasi yang memiliki skill dan karakter mulia, salah satunya dengan menggelar International Zakat Education Festival”

Fikri menambahkan IZE FEST 2021 juga dapat memberikan banyak manfaat bagi peserta, serta menjaga silaturahmi diantara para pihak yang terlibat. “Semoga semua event dan berbagai perlombaan dapat berjalan dengan  lancar serta dapat menjadi ajang pengembangan serta perluasan jaringan bagi sesama peserta” tambah fikri.
Selain itu, Manager Bank Syariah Indonesia, Firtia Ekayani, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan IZE Fest kali ini.
“Zakat menjadi ajaran islam yang indah, menghadirkan Islam rahmatan lil alamiin serta membangun peradaban Islam. Hal ini sesuai dengan fokus dan jalan hadirnya BSI. Terimakasih dan apresiasi tertinggi kepada seluruh panitia terkait yang telah berjuang keras demi terselenggaranya IZE FEST tahun ini” Ujar Fitria.
Sementara itu, Kepala Sekolah SAM Hulu Langat Malaysia, Muhammad Zainul Arifin menyampaikan apresiasinya kepada Baznas yang telah melibatkan SAM Hulu Langat Malaysia dalam gelaran IZE Fest 2021 ini. “Dengan platform event IZE Fest 2021 yang digelar oleh Baznas bersama SAM Hulu Langat ini, dapat memacu para pelajar tidak hanya bagus di tingkat nasional namun juga internasional. Selamat bertanding, semoga kerjasama ini dapat berlanjut di masa yang akan datang dan lebih banyak lagi anak-anak atau pelajar muslim di dunia yang dapat terlibat dalam kegiatan seperti ini,” tutur Zainul.

IZE Fest 2021 merupakan transformasi dari GEMA Sekolah Cendekia Baznas yang telah diadakan sebanyak tiga kali sejak 2017 serta kelanjutan dari IZE FEST tahun 2020 yang memulai kerjasama dengan SAM HULU LANGAT Malaysia. IZE Fest ini juga menjadi salah satu kegiatan school social responsibility yang didanai oleh dana zakat untuk meningkatkan kesadaran dan peran generasi muda di bidang pendidikan, khususnya mendorong gerakan zakat dan membangun jaringan antar pelajar dunia.

Selama pendaftaran dibuka sejak 11 September hingga 20 November 2021 lalu, jumlah pendaftar lomba mencapai 708 peserta dari 173 Sekolah. Para pendaftar berasal dari negara Indonesia, Malaysia, Brunei dan Zambia. Rangkaian perlombaan IZE Fest 2021 akan berlangsung hingga 29 November 2021 secara daring. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed